» » » » Cap Cay

Capcay dengan metode "blach"

22 November 2013

Ilmu bermanfaat dari laman http://dapurmasak.com, metode blach.  Asli baru tahu metode "blach" itu dapat diterapkan saat membuat capcay.  Join di dapurmasak win win solution, saya sharing ilmu dan saya juga dapat ilmu. Asyik dech pokoknya, sama-sama untung, seperti dapat ilmu "blach" ini.

Yang di maksud dengan metode blach adalah proses merebus sayuran dalam air mendidih hingga sedikit empuk, kemudian segera disiram dengan air dingin.  Dengan metode ini sayuran matang tapi warna tetap terjaga, brokoli tetap hijau, wortel tetap orange, buncis tetap hijau dll.

Saat membuat capcay, biasanya sayuran dimasukkan tanpa proses blach.  Lama kelamaan warna sayuran capcay jadi kusam tidak menarik.  Dengan metode blach, warna capcay masih jreng tapi matang.  TOP banget.

Berikut resep Capcay untuk 2 orang

10 buah buncis
1 batang wortel
1/4 kuntum brokoli
1 batang daun bawang
1 buah tomat
5 buah bakso sapi
1 buah telur

2 siung bawang putih
garam secukupnya
merica secukupnya
bumbu kaldu secukupnya
1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak untuk menumis secukupnya.

Cara Membuat

Cuci sayuran lalu potong-potong. 

Didihkan air, tambah garam secukupnya.  Masukkan wortel, brokoli dan buncis, tunggu sebentar hingga kira-kira empuk.  Ambil lalu segera siram dengan air dingin.

Geprek bawang putih kemudian rajang halus.  

Panaskan 1 sdm minyak goreng, masukkan bawang putih dan merica bubuk secukupnya. Masukkan telur kemudian orak-arik. Tuang air secukupnya dalam wajan.  Masak bumbu kira-kira 5 menit.  Tambah dengan bumbu kaldu.

Masukkan sayuran yang sudah di blach, tomat, daun bawang, bakso sapi iris. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air.  Masak sebentar.  Angkat dari kompor.

Capcay sudah jadi, dengan warna masih tetap menarik tapi matang.

  

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar