» »Unlabelled » Cake Ultah Little Ponny Duduk di Taman Bunga

Little Ponny duduk di kebun bunga

16 Desember 2013

Mencatat resep agar tidak lupa saat membuatkan kue ulang tahun Zaza ke 5.  Harus segera dicatat apa yang dibuat kemarin karena banyak unsur uji coba. Zaza minta dibuatkan kuda little pony dan bunga-bungaan.  Alhamdulillah banyak ucapan "kuenya enak mbak.."  Kalau kue tidak enak pasti penikmat kue diam saja tidak berani berkomentar. 


Berikut apa yang dikerjakan saat membuat kue ulang tahun little ponny.  Kue untuk hari minggu.  Dari hari Sabtu pagi sudah mulai bekerja.  Bekerja favorit adalah jam 3.30 pagi, jadi saat Ahsan bangun jam 8 an, pekerjaan di dapur sudah selesai.


Sabtu pagi yang dikerjakan adalah membuat dasar cake, membuat adonan dasar jerman buttercream, membuat pudding untuk isian cake, membuat hiasan fondant.


Sore harinya, cake dasar diberi selai dan ditutup dengan jerman buttercream, dan dibiarkan satu malam di lemari es (kulkas raksasa, balkon suhu 0-1 C).  Minggu, pagi hari jam 3.30 mulai bekerja menutup cake dengan fondant dan menghiasnya.


Catatan khusus untuk cake ini... Cake dasar menggunakan pudding pulver (bubuk pudding beli jadi).  Begitu juga dengan jerman buttercream dan pudding untuk isian.  Cake ini juga menggunakan doppelrahm frischkase merk Philadelpia.  Sepertinya akan susah jika ingin membuat cake ini di Indonesia.  Alasannya beli bubuk pudding dan firschkase akan susah di dapat.  Frichkase mungkin ada, bahasa inggrinya cream cheese, tapi mungkin harganya selangit atau maharani...  Pudding pulver sebenarnya isinya gula dan tepung maizena, tapi tetap saja beda rasanya jika bubuk pudding ini diganti maizena.  Cake dasar lebih enak jika menggunakan bubuk pudding.


Awal cerita berkenalan dengan cake dasar berbahan bubuk pudding.  Waktu itu diberi bubuk pudding sama teh Ocha.  Teh Ocha tidak suka dengan pudding ala jerman dan sisanya tidak tahu mau dibuat apa.  Pudding akhirnya berpindah tangan ke saya.  Saya juga bingung mau diapakan bubuk pudding ini.  Kalau dibuat pudding begitu saja, teman-teman di rumah juga tidak suka.  Pudding menganggur begitu saja di dapur.  Pinjam buku tentang membuat cake karangan Dr Oetker, ada salah satu resep menggunakan bubuk pudding ini.  Pudding akhirnya dicoba dan hasilnya cakenya enak.  Setelah itu cake dasar berbahan pudding pulver ini jadi resep andalan saya...



bunga fondant


Bahan dan cara membuat little ponny cake

Resep little ponny dari berbagai sumber termasuk banyak hal  dari eksperimen sendiri...

Cake dasar
Bahan yang diperlukan

7 buah telur

1 jumput garam
180 g gula pasir
1 saset gula vanili
150 g tepung terigu
2 wadah bubuk pudding rasa cokelat
1/2 sdt backpulver (baking soda)

Cara membuat cake dasar

*Olesi loyang dengan margarine, kemudian taburi dengan tepung panir.  Tujuannya agar cake dasar saat dilepaskan dari loyang tidak ada permukaan yang rusak.  Bisa juga agar cake tidak rusak, bagian dasar loyang dialasi dengan kertas roti....

*Pisahkan kuning dan putih telur.  Putih telur dimikser hingga benar-benar kaku

*Kuning telur, gula dan garam dimikser hingga pucat.  Catatan, biasanya saya menggunakan 2 buah mikser, satu standing mikser untuk memikser kuning telur, satu mikser tangan untuk memikser putih telur.


Bubuk pudding, tepung, loyang, putih telur, kuning telur dan gula yang sedang dimikser


*Panaskan oven suhu 180 C

*Masukkan putih telur ke dalam kuning telur yang sudah pucat.  Mengaduk putih telur cukup menggunakan sendok kayu, arah memutar.


Masukkan putih telur ke dalam kuning telur, aduk dengna sendok kayu


*Campur jadi satu, tepung terigu, bubuk pudding, backpulver. Masukkan tepung ke dalam adonan telur sambil diayak, aduk dengan sendok kayu arah memutar satu arah.

*Masukkan adonan tepung ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan.  Panggang dalam oven panas selama 45 menit. Matikan oven.  Cake biasanya saya angkat sebentar, kemudian dimasukkan lagi ke dalam oven yang masih agak panas.  Biarkan dingin di dalam.


Membuat sirup gula

Sirup gula ini tujuannya untuk menyiram cake agar nanti tidak kering.  Cake yang dihasilkan dari metode memisahkan kuning dan putih telur adalah tipe sponge atau berongga.  Cake ini akan kering.  Jika tidak disiram dengan sirup gula, rasa cake jadi kurang enak.

Sirup gula hasil kreasi sendiri, dengan menggunakan jeruk orangen.  
Bahan
80 g gula pasir
1 buah jeruk orangen
Air hingga volume 100 ml

Cara membuat
*Belah jeruk orange, peras airnya.  Tambahan air hingga volume 100 ml.

*Masak air jeruk ini dengan 80 g gula pasir hingga mendidih, biarkan 2-3 menit.  Angkat.  Biarkan sedikit dingin.


Ambil cake dari oven, tusuk-tusuk dengan tusuk sate hingga banyak lubang di seluruh permukaan.  Siramkan sirup gula dengan sendok makan, merata hingga air habis.  Cake seperti sangat basah, tapi saat mencicipinya kemarin, hasil biasa saja, lembab biasa....



Siram cake dasar dengan sirup gula

Membuat jerman buttercream

Bahan yang diperlukan

200 g sahne (wheapped cream cair)
200 g cokelat putih (white chocolate couverture)
1 sdm doppelrahm frischkase merk Philadelpia
1 wadah bubuk pudding
40 ml yogurt rasa buah
210 ml susu cair
2 sdm gula pasir
200 g butter suhu ruang (kemarin menggunakan merk Landliebe)

Cara membuat

* Panaskan sahne hingga akan mendidih. Angkat dari kompor.

*Cacah kasar cokelat putih.  Masukkan ke dalam sahne panas.  Aduk rata hingga cokelat larut.  Tambahkan 1 sdm Philadelpia..  Biarkan adonan cokelat dingin,

*1 wadah bubuk pudding, 2 sdm gula pasir, 6 sdm susu (ambil dari 210 ml susu) diaduk hingga larut.

*Masak sisa susu dan yogurt hingga mendidih. Angkat dari kompor, masukkan bubuk pudding. Aduk menggunakan whisk balloon.  Masukkan kembali ke kompor, aduk dengan whisk hingga mendidih.  Angkat dan dinginkan.

*Mikser butter hingga lembut dan pucat, masukkan pudding sedikit demi sedikit.  Masukkan cokelat putih.  Aduk rata.  Jerman buttercream ini dibiarkan di suhu ruang, hingga sore hari digunakan kembali untuk tahap selanjutnya.



Cokelat putih ditambah 1 sdm philadelphia doppelrahm frischkase (cream cheese-inggris)


Membuat Pudding untuk Isian Cake

Bahan yang dibutuhkan

2 sdm gula pasir
1 wadah pudding pulver rasa vanili
40 ml yogurt rasa buah 
210 ml susu cair
200 g doppelrahm frischkase Philadelphia

Cara membuat

*Bubuk pudding, 2 sdm gula pasir dan 6 sdm susu cair (ambil dari 210 susu) diaduk hingga larut.

* Didihkan susu dan yogurt, angkat dari kompor. Masukkan bubuk puding, aduk menggunakan ballonk whisk.  Letakkan kembali di atas kompor, aduk dengan whisk hingga mendidih. Segera angkat.

* Setelah puding dingin, masukkan Philadelphia dengan cara dimikser hingga lembut dan tercampur rata.


Pudding yang sudah jadi ditambah dengan 200 g Philadelphia

Cara Menghias Cake

* Belah cake menjadi 3 bagian.

* Bagian bawah cake diberi pudding dan selai buah.  Catatan, selai buah dibuat sendiri. Tipe selai gelee.  Gelee adalah selai dengan tipe agak kaku.  Gelee dibuat dari buah apel liar dekat wohnung yang iseng dibuat percobaan membuat gelee.

* Tumpuk cake lapisan kedua, beri pudding.  Tumbuk dengan cake lapisan ke tiga.

* Tutupi seluruh permukaan cake dengan jerman buttercream, hingga merata dan permukaannya bisa rata.  Jika permukaan cake rata nanti setelah fondan dipasang akan rata juga permukaannya. Simpan cake di tempat dingin agar beku dan kaku.



Cake tiga lapis dengan isian pudding dan philadelphia



cake setelah ditutup dengan jerman buttercream

Membuat Hiasan Fondant

Fondant dibeli online dari cakecompany.de di Braunsweg.  Insyaalah tidak ada unsur babi di dalam fondant ini.  Saya sudah bertanya ke fihat cakecompany.de.

Figuran yang dibuat little ponny.  Awalnya tenang saja bisa membuat little ponny.  Lihat di youtube sepertinya mudah sekali.  Jadi tenang ahhhhh.....  Dapat 2 buah video, satu dari bahan clay (lets clay with Ewa) dan satu figuran dari bahan fondant.  Mengikuti instruksi dai lets clay with Ewa, ternyata clay dan fondat itu beda.  Instruksi yang dicontohkan Ewa gagal. Kuda jatuh terkulai.  Waduhhhhhh....  Akhirnya lupakan Ewa dan melihat youtube yang satunya lagi.  Agar tidak jatuh, fondant diberi tegakan lidi.  Akhirnya bisa membuat little ponny walaupun berantakan....  Buat little ponny dengan kindelfire di depan.  Video selama 17 menit jadi bisa membuat sambil melihat video.  


Test ke Ahsan, "ini apa?" Ahsan menjawab, "kuda".  Alhamdulillah lumayan figurannya terlihat kuda.  Ehhhh pas tiup lilin, bapaknya Zaza bilang, "ini apa..kodok ya?"  Gubrakkkkk hahahahahah.....

Kalau membuat bunga, sudah sering dibuat jadi tidak begitu kesulitan...


Proses pembuatan bunga dengan fondant...


Kesokan harinya, pagi-pagi jam 3.30 mulai beraksi lagi, menutup cake yang sudah ditutupi jerman buttercream dengan fondant.  Fondant yang digunakan untuk menutup berwarna putih.  Ternyata fondant ini lembek. Setelah dipipihkan, fondant sobek saat diangkat.  Berulang dicoba, tetap saja sobek. Tambah gula bubuk, sobek juga.  Yahhhh sudahlah sebisanya saja.  Sudah cukup energi yang digunakan.  Fondant bisa menutup hanya dibagian atas.  Bagian bawah, tidak tertutup, diberi tambahan fondant memanjang seperti pita.

Setalah cake tertutup fondant, tinggal pasang sani-sini dengan tulisan happy birthday, bunga-bunga dan little ponny.  Alhamdulillah.....selesai cake ultah little ponny duduk di taman bunga.  Walaupun tidak rapi, acak sana-acak sini...masih terus belajar agar bisa membuat cake yang enak dan bagus...



Little ponny duduk di taman bunga




Little ponny duduk di taman bunga



Little ponny duduk di taman bunga



Little ponny duduk di taman bunga



***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar