» » » » Rolade Ayam Udang

Rolade belum digoreng

6 Desember 2013


Mencatat membuat rolade dari campuran daging ayam dan udang.  Pagi hari rolade ini digoreng kemudian buat sarapan Shafa, Ahsan dan Mas Edy.  Siang hari rolade tidak digoreng, dipotong saja ditambah saus kacang, kentang dan telur rebus jadi siomay...


Rolade ini masih dalam rangka membuat takaran yang pas antara daging ayam dan udang sehingga di dapatkan rasa yang optimal.  Resep ini mirip dengan siomay isi sayuran resep:
hanya berbeda di takaran udang dan ayam dan tepung.  Baik resep rolade ini dan resep siomay isi sayuran keduanya enak..


Catatan mengapa menggunakan dua jenis tepung.  Sudah sering berekperimen dengan tepung tapioka.  Jika tepung tapioka ini tanpa dicampur dengan tepung lain (beras, terigu, maizena), maka adonan akan mengembang saat dikukus.  Setelah dingin adonan akan mengempis kembali.  Setelah matang adonan yang  hanya terdiri tapioka terasa liat dan sulit dikunyah.  Kurang suka sifat liat dan sulit dikunyah ini.  Maka tapioka dicampur dengan tepung lain.  Tepung yang digunakan, yang sedang ada stoknya di dapur. Tepung bisa terigu, beras atau maizena.  Adonan masih harus menggunakan tapioka agar masih ada sifat "liat".


Resep rolade, ayam 400 g udang 100 g.  Tepung (tapioka+beras) yang digunakan hanya 40 g.  Alasannya semakan banyak udang, adonan semakin kering sehingga jumlah tepung yang digunakan lebih sedikit.


Resep siomay isi sayur, ayam 420 g udang 80 g.  Tepung (tapioka+terigu) yang digunakan 50 g.  Tepung lebih banyak ditambahkan karena adona lembek.


Berikut bahan dan cara membuat rolade ayam udang.

Bahan yang diperlukan

400 g dada ayam
100 g udang tanpa kulit
20 g tepung tapioka
20 g tepung beras
1 butir telur
1 sdm bawang putih bubuk
1/2 sdt bumbu kaldu bubuk
1/2 sdt saus teriyaki
1 sdt garam

2 buah wortel

minyak untuk menggoreng secukupnya.

rolade goreng untuk sarapan


Cara membuat


1. Blender dengan küchen maschine hingga halus: dada ayam, udang, telur, tepung tapioka, tepung beras, bawang putih bubuk, kaldu bubuk, saus teriyaki, garam.

blender bahan-bahan dengan küchen maschine


2. Kupas wortel, kemudian potong segi tiga memanjang.


3. Potong alu foil dan kertas panggang berbentuk persegi empat. Letakkan alu foil di bawah kemudian kertas panggang di atas. Ratakan adonan ayam-udang di atas kertas panggang, letakkan 2 potong wortel.  Bungkus rapi.


Tata wortel di atas daging ayam-udang

3. Kukus selama 20 menit.  Setelah matang goreng sebentar dalam minyak panas.

Rolade setelah dikukus


Siang hari rolade dibuat siomay.  Rebus kentang secukupnya, 4 buah telur ayam.  Kuah menggunakan 200 g peanut butter ditambah dengan 300 ml air, 1/2 sdt garam dan 1/2 buah cabai merah ulek.  Rebus peanut butter hingga agak kental.  Sajikan siomay dengan kecap manis dan sambal cabai botol.


Rolade yang disulap menjadi siomay.  Enakkkkkk....

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar