» » » » » Siomay Udang Isi Sayur





4 Desember 2013



Blog ini semacam rumah saya, milik sendiri, nyaman, ditulis sendiri, dilihat sendiri, manfaat untuk sendiri atau keluarga.  Harapan terkecil blog ini memang sebagai catatan agar resep yang pernah dicoba tidak lupa.  Jika ada orang-orang seperti saya yang belajar masak dengan coba-coba, kadang gagal, kadang aneh karena tidak tahu apa-apa sebelumnya.  Semoga blog ini dapat sebagai bahan bacaan dan masukan.  Yah tapi sih tidak muluk-muluk.  


Mumpung masih diberi kesempatan tinggal di Jerman dengan fasilitas internet cepat dan ada akses informasi perpust kota.  Harus memanfaatkan waktu seefisien mungkin, membuat catatan sebanyak-banyaknya sebelum pulang ke Marihat Sumatera Utara. Di Marihat, yah....internetnya jalannya pelannnnnnnn, buka youtube mutar 10 menit belum juga bisa lihat apa isi videonya.  Hujan sedikit listrik mati.  Perpust dengan buku lengkap, cuma mimpi.  Waktu sebentar, hidup sebentar semoga dapat bekerja optimal melakukan yang terbaik.  Optimis saja nanti pas pulang ke Marihat ada "sesuatu" yang bisa bikin hidup tambah hidup.  Semangat!.  Hidup untuk dijalani dan usaha bukan keluh-kesah!


Pasar natal kota Goettingen 2013. Kota yang akan selalu dirindukan dan dikenang... Hiks sudah mau pulang...


###

Mencatat pernah membuat siomay udang yang diisi sayuran.  Takaran bahan dengan uji coba sendiri.  Takaran kemarin itu pas dan hasilnya siomay udang enak banget.  Bumbu kacangnya pun modal peanut butter beli di Penny dan garam doang. Mudah sekali.


Campuran antara dada ayam dan udang itu paduan sempurna menciptakan rasa luar biasa.  Tahu ilmu ini dai lama http://dapurmasak.com. Pengetahuan ini lalu dikembangkan dengan coba-coba membuat takaran bahan dan berkreasi di dapur.  Sayuran untuk siomay biasanya kol rebus.  Kol ini dicoba diletakkan di dalam siomay.  Mencoba juga wortel dan terong yang ada stoknya di dapur untuk juga dimasukkan ke dalam siomay.  Ada juga stok sosis dimasukin juga ke siomay biar ramai heheheh.  


Resep sudah pernah di posting di dapur masak 
Tapi rasanya ada yang kurang. Resep ini ingin ditulis di rumah sendiri.  Kalau di Dapur Masak kan saya hanya numpang, jadi anak indekost heheheh...


Berikut bahan dan cara membuat siomay udang isi sayuran


Bahan yang diperlukan

420 g dada ayam
80 g udang tanpa kulit
25 g tepung tapioka
25 g tepung terigu
1 buah telur
1 sdm bawang putih bubuk (cari mudahnya saja pakai bubuk)
1/2 sdt garam
1/2 sdt bumbu kaldu bubuk
1/2 sdt saus teriyaki


200 g peanut butter
1/2 potong cabai merah (cabai di toko Asia pedes eui...)
1/2 sdt garam


1 buah sosis
1/4 potong terung
2 buah wortel
2 lembar wirsing kohl (kol dengan daun keriting)


500 g kentang rebus
4 buah telur rebus

Cara membuat

1.  Blender dengan küchen maschine: dada ayam yang dipotong dadu, udang tanpa kulit, 1 buah telur, bawang putih bubuk, bumbu kaldu bubuk, saus teriyaki, tepung tapioka dan tepung terigu.

catatan: maksimal tepung-tepung yang digunakan untuk 500 g daging ayam dan udang adalah 50 g.  Pernah mencoba membuat dengan tepung-tepungan lebih dari 50 g, hasilnya dimsum/siomay dll kurang enak.  Kalau jumlah tepung lebih sedikit, adonan lebih lembut dan lebih enak..  

Sebaiknya takaran tepung menggunakan gram bukan menggunakan sendok makan.  Karena kadang ukuran sendok makan berbeda, terkadang juga saat mengambil tepung bisa sendok peres bisa sendok muncung.  Jadi untuk memperkecil resiko kegagalan sebaiknya di timbang.


Ratakan di atas kertas panggang daging giling, isi dengan sosis atau sayuran


2. Potong persegi empat  kertas panggang dan aluminium foil.  Letakkan alu foil dibawah kemudian kertas panggang, ratakan daging giling kemudian letakkan di dalamnya sayuran atau sosis.  Bungkus rapi.


3. Tata bungkusan siomay di atas sarangan.  Bagian bawah isi dengan air secukupnya rebus hingga mendidih.  Tambah 1 sdt garam dan 500 g kentang.  Letakkan sarangan di bagian atas yang berisi siomay, tambahkan 4 buah telur biar ikut terkukus.  Kukus selama 20 menit hingga matang.


mengukus yang efisien, bagian bawah kentang, bagian atas siomay dan telur



4.  Membuat kuah kacang.  200 g Peanut butter ditambah dengan kurang lebih 300 ml air, garam dan cabai yang ditumbuk halus.  Masak hingga mengental sesuai yang diinginkan.


peanut butter di Penny letak di pojokan dekat kulkas daging segar


5.  Tata di piring:  kentang dikupas kulitnya lalu potong sesuai selera. Potong siomay bulat.  Kupas telur lalu belah jadi dua.  Siram siomay dkk dengan kuah kacang.  Tuang sedikit kecap manis untuk memperkaya rasa.  Siomay yang enak.....

siomay suka-suka, suka-suka mau diisi dengan apa saja: terung, wortel, sosis, daun kol...

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar