» » Williams Birnen Torte

11 Desember 2013


Cake ulang tahun untuk Zaza


Mencacat resep dan cara membuat Williams Birnen Torte atau cake menggunakan buah pir merk Williams.  Resep cake diambil dari buku:

Köhler E. 2007. Köstliche Torten von Klassisch bis modern. Vehling Verlag: Berlin.


Cake ulang tahun yang dipesan mendadak oleh ibu Zaza.  Hari minggu minta tolong dibuatkan cake untuk hari Senin.  Masalahnya hari Minggu semua supermarket tutup.  Saya mengiyakan karena masih ada stok butter, tepung, gula, buah kaleng dll.  Pas sore hari mau bikin cake dasarnya, baru sadar kalau telurnya habis....Ehhhhh bagaimana ini?


Akal berputar...bagaimana nich sudah kadung bisa membuatkan cake.  Kebetulan hari Minggu ada pengajian anak di rumah.  Pas acara tersebut dibuatkan siomay.  Masih ada sisa siomay sedikit untuk mas Edy.  Otak berputar..siomay di berikan ke tetangga keluarga pak Musyarak dari Syiria sambil bilang pinjam telur.  Waduhhh malu sebenarnya...tapi bismillah menjalankan rencana.  Mas Edy nanti dimasakkan yang lain karena kebetulan si mas orang Indonesia yang harus sehari kena nasi bukan kentang heheheh...  Kebetulan pak Musyarak punya telur untuk cakenya Zaza.  


Hari senin, pagi-pagi jam 8 ngebut naik sepeda untuk membeli telur dll.  Setelah belanja segera telur diantarkan untuk mengganti telur yang dipinjam.  Bel pintu dipencet, keluar tuan rumah.  Yah..tapi beliau menolak telur yang saya kembalikan.  Aduhh...malu bertambah-tambah.  Terima kasih banyak ya ibu dan bapak Musyarak.


Williams Birnen Torte


Dengan PD mengiyakan membuat cake untuk Zaza karena masih punya stok buah pir kaleng bagus merk William.  Waktu itu sedang ada angebot di ALDI, dibeli saja, kan buah kaleng tahan lama tidak cepat busuk.  Kebetulan ada resep cake dengan buah kaleng pir ini.  

Cake ultah Zaza ini tipikal jerman, cita rasa ringan dengan sahne (wheapped cream) dan isian buah (pir/birnen).  Semoga rasanya enak.  Keesok harinya, saat ibu Zaza mengembalikan wadah cake, beliau cerita cakenya habis dinikmati teman kindergarten Zaza dan ibu-ibu gurunya.  "Saya tidak kebagian nich", kata ibu Zaza sambil bercanda.  Alkhamdulillah...kalau cakenya habis...



Ada buah penolong untuk mempercantik cake, buah delima.  Beli buah delima di Tegut, saat itu sedang angebot (diskon).  Buah dibeli, ditaruh di dekat jendela dapur dan lupa dimakan.  Buah delima warna merah sebagai hiasan untuk mempercantik cake.  Cake ditutup dengan Sahne (wheapped cream) segar.  Sahnenya tidak bisa mulus permukaannya.  Setelah jadi cake disimpan di balkon yang kebetulan sedang dingin (0 C).  Setelah cake dilihat lagi, yah kok bopeng-bopeg.  Untung ada gula-gula warna-warni untuk menutupi bopeng-bopeg tersebut...


Williams Birnen Torte



Berikut bahan dan cara membuat Williams Birnen Torte

Bahan yang diperlukan

6 buah putih telur
6 sdm air sangat dingin (disimpan di freezer tapi belum beku)
150 g gula pasir
2 wadah gula vanili
6 buah kuning telur
90 g tepung maizena
90 g tepung terigu
45 g cokelat bubuk
1/2 sdt backpulver (baking soda)

850 g buah kaleng Williamschristbirnen (buah pir kaleng)
2 sdm tepung maizena
1 batang kayu manis

750 ml wheapped cream (sahne)
3 saset Sahne festiger (pengkaku sahne)
3 sdm gula bubuk

Hiasan: buah kiwi, tulisan happy birthday dari fondant, buah delima



Cara Menbuat

1. Putih telur dan air sangat dingin dimikser dengan kecepatan tinggi hingga benar-benar kaku.  Gula pasir dan gula vanili dimasukkan sedikit demi sedikit.  Kecepatan mikser diturunkan kemudian kuning telur dimasukkan satu per satu.  Campur jadi satu tepung terigu, maizena, cokelat bubuk, backpulver.  Masukkan tepung dengan diayak, putar adonan dengan sendok kayu, aduk satu arah.



2.  Panaskan oven pada suhu 180 C. Panggang cake dasar selama 25-30 menit. Cake saat menit ke 25 sudah kalis saat dicek dengan lidi.  Oven dimatikan.  Karena takut cake belum matang benar, cake dibiarkan saja didalam oven yang masih panas.



3.  Buka kaleng buah pir.  Ambil buahnya, air buah jangan dibuang.  Potong buah pir berbentuk kotak kecil.  Air buah ditambah dengan 2 sdm gula pasir (boleh ditambah sesuai selera tingkat kemanisannya),batang kayu manis.  Masak air buah hingga mendidih.  2 sdm maizena ditambah dengan 2 sdm air dingin diaduk hingga tercampur rata.  Masukkan adonan maizena ke dalam air buah, masukkan buah birnen, masak hingga mendidih, segera angkat air kompor.  Dinginkan.


Buah pir potong dadu kecil kemudian dimasak dengan air buah pir, gula dan tepung maizena



4.  Simpan sahne segar, wadah stenless stel dan mata mikser semalam dalam lemari es.  Tuang sahne dalam wadah kemudian mikser dengan kecepatan rendah, stabil jangan mengubah-ubah kecepatan.  Setelah agak kaku, tambah sahne festiger dan gula bubuk sedikit demi sedikit.  Mikser sahne hingga kaku


mikser sahne (wheapped cream cair) hingga kaku



5. Belah cake dasar menjadi 3 bagian.  Potong pinggirannya terlebih dahulu, setelah terbentuk garis menyeluruh baru potong membelah.  Dengan cara ini cake jadi terbelah dengan lurus.

Potong cake dasar menjadi 3 lapisan


6. Lapisan pertama cake disiram dengan air buah pir, tambah dengan buah pir dan sahne.  Lapisan kedua cake disiram dengan air buah pir, tambah buah pir dan sahne.  Lapisan ketiga cake bagian bawah disiram dengan buah pir.  Hati-hati balikkan kembali.  

Cake tiga lapis dengan isian pir dan sahne


7.  Semprotkan sahne dengan piping bagi melingkar menyeluruh di atas permukaan cake.  Ratakan sahne.  Bekerja lebih mudah untuk menghias dan meratakan sahne dengan winkel palet dan meja hias cake yang dapat diputar. Hias cake atau torte sesuai selera.


meja hias cake yang bisa diputar dan winkel palet



setelah sahne rata, hias cake dengan buah kiwi, buah delima dan tulisan fondant



Terima kasih Zaza, semoga menjadi anak cerdas, ceria, sehat, sholihah kebanggaan orang tua


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar: