» » » Roti Tawar Toastbrot

22 Januari 2014

Mengoptimalkan waktu yang ada sebelum pulang ke Indonesia.  Mumpung ada sumber ilmu (buku), bahan mudah dicari, jaringan internet super cepat.  Kalau sudah pulang mungkin 'game over' acara masak-memasak.  Tapi tidak tahulah...hanya berdoa semoga nanti hidup tetap berwarna, bahagia, menikmati, sesuai passion dll...


Mencatat membuat roti tawar 'toastbrot'.  Biasanya membeli merk Goldentoast.  Penny, Tegut, Real dll supermarket di Goettingen menjual produk ini.  Roti tawar ini wajib dibeli karena untuk bekal sekolah Shafa dan bapaknya.  Roti tawar dimasak macam-macam: di goreng dengan margarine, dibuat sandwich, di beri saus bechamel, dipanggang dengan pemanggang roti, diberi kocokan telur kemudian digoreng dll.  


Sengaja hunting buku di perpust kota Goettingen yang berisi resep roti-rotian.  Ingin menguasai betul membuat roti-rotian ini.  Membuat roti itu tidak mudah.  Resep sederhana tapi tricky sekali. Roti berbau ragi, tidak mengembang, tidak lentur, keras dll.  Membuat roti itu acara meribetkan diri sendiri.  Memakan waktu, tenaga lha wong beli saja murah dan dimana-mana ada.  Tapi ilmu kan memang, "jer basuki mowo beo" (untuk mendapatkan ilmu butuh pengorbanan).  Paling tidak bekal ilmu membuat makanan untuk Ahsan yang tidak mau makan nasi. 


Beberapa hari lalu mencoba membuat Laugenbrezel. Laugen adalah roti yang di rebus dalam air panas terlebih dahulu sebelum di panggang.  Saya memberikan sedikit ragi karena memang tidak suka dengan rasa dan aroma menyengatnya.  Ternyata kata buku: 


Kraus U, Mader R, Stapelfeldt. 2008. Die ganze Welt der Brote. Naumann & Goebel Verlagsgesellschaft mbH: Koeln.


Ragi untuk roti, tidak boleh terlalu sedikit, tidak boleh terlalu banyak, tidak boleh kadaluwarsa.  Ohh..berarti percobaan membuat laugenbrezel kemarin belum tepat, link 
http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/2014/01/cara-membuat-brezel.html



Resep pertama yang dicoba adalah Toastbrot.  Sebagai pembanding tingkat keberhasilan (kontrol) adalah roti merk Goldentoast yang sering dibeli.


kontrol percobaan, roti Golden Toast



Buku sumber resep roti Toastbrot



Roti toastbrot yang bagus: putih, mengembang, besar dll


Berikut resep dan cara membuat roti tawar Toastbrot


Bahan yang diperlukan


800 g tepung terigu tipe 550 (tepung terigu protein tinggi)

2 sdt garam
250 ml air, suhu ruang
250 ml susu cair, suhu ruang
1 kotak ragi segar 42 g
100 g butter suhu ruang

Loyang persegi panjang 35 cm



Cara membuat

1. Tuang tepung terigu dalam baskom, tambahkan garam.  Buat lubang di tengah tepung.


2. Campur air dan susu cair dalam wadah lain,  Masukkan ragi segar, hancurkan hingga halus dan tercampur rata.  Tuang larutan ragi dalam lubang tepung.


3. Masukkan butter ke dalam air ragi.  Remas-remas dengan tangan hingga butter tercampur.  Uleni adonan hingga kalis .  
Catatan: menguleni adonan bisa tetap di dalam baskom.  Tapi sebaiknya adonan diletakkan di meja kerja agar bebas saat menguleni dan benar-benar kalis.  Waktu di buku sih hanya 5 menit.  Tapi sepertinya tergantung tenaga, dan bisa memakan waktu lebih dari itu.


4. Letakkan kembali adonan ke dalam baskom tutup dengan plastik cling wrap, simpan di suhu hangat.  Biarkan adonan selama 1 jam hingga volumenya menjadi 2 kali lipat.
Catatan
Penggunaan plastik cling wrap ini tergantung kondisi.  Seperti sekarang sedang musim dingin harus menggunakan plastik ini.  Beberapa waktu lalu pernah adonan ragi ditutup dengan serbet makan.  Adonan ragi kedinginan tidak bisa mengembang.  Kalau di Indonesia dengan suhu hangat sepertinya tidak perlu menggunakan plastik cling wrap.


5. Taburi meja kerja dengan sedikit tepung. Ambil adonan kemudian uleni lagi.


6. Loyang panjang 35 cm diolesi dengan margarine.  Masukkan adonan, tutup dengan plastik cling wrap, letakkan di suhu hangat selama 45 - 60 menit.  
Catatan:
Suhu hangat favorit adalah di atas lemari es...


7. Panaskan oven sebelumnya suhu 200 C. Panggang selama 50 - 60 menit.

8. Roti tawar sudah siap dinikmati


Catatan Pengalaman Membuat Pertama Resep Toastbrot.

1.  Langkah no 3, menguleni adonan hanya di baskom.  Kerja tidak optimal karena keterbatasan tempat.  Adonan belum kalis benar.  Saat menguleni langkah no 5, adonan masih sangat lengket.  Kerja ekstra agar adonan bisa kalis.  Adonan tidak ditambah tepung.  Sabar saja menguleni adonan hingga lumayan kalis.


2. Tidak punya loyang 35 cm.  Adonan dibagi dalam 2 loyang 26 cm dan 20 cm.  Takut adonan luber.


3.  Setelah matang.  Cukup puas dengan hasilnya.  Jika Golden Toast (kontrol) bernilai 100.  Roti percobaan ini mendapat nilai 80. Roti bisa elastis, mengembang baik.  Shafa bilang, "enak kok bu rotinya".  Demikian juga bapaknya...


4.  Ragi.  Mencoba lagi membuat roti menggunakan ragi sesuai resep.  Sengaja membeli ragi segar kualitas bagus Dr Oetker.  Artinya kalau ada kesalahan proses, itu murni kesalahan saya bukan kesalahan ragi.  Secara produk Dr Oetker jaminan mutu.  Roti agak berbau ragi, tapi OK lah...masih suka, tidak terlalu tajam.  Jadi kesimpulannya halus beli ragi kualitas baik.  


5.  Tepung terigu tipe 550 yang bagus adalah produk supermarket Tegut.  Tepung ini jika dibuat mie homemade, lentur elastik, enak. Pernah membuat mie menggunakan tepung terigu Diamant tipe 550. Hasil mie lebih bagus menggunakan tepung Tegut ini.  Dengan analogi sama, jadi terigu 550 Tegut ini lebik baik juga untuk roti tawar ini.


6. Setelah matang roti tawar didinginkan di jeruji besi.  Tujuannya agar uap panas keluar merata dari sisi atas dan bawah.  Setelah dingin simpan roti dalam plastik.  Saya simpan lagi dalam plastik bekas roti tawar beli. Roti bisa lebih tahan lama dan tetap empuk...


Berikut Foto Saat Pertama Membuat Roti Tawar Toastbrot



Bahan roti tawar toastbrot: tepung tipe 550, susu, air, butter, ragi, garam

























Roti tawar baru matang




Roti mengembang dan elastik



Roti tawar Toastbrot bekal sekolah homemade...




Berikut Video Proses Pembuatan Roti Tawar 





***



8 February 2014

Mencoba lagi membuat roti tawar toasbrot.  Tidak punya tepung terigu tipe 550, jadi menggunakan tipe 405.  Roti bisa mengembang baik.  Untuk soal kelenturan roti, menggunakan tipe 405 agak kurang liat lentur.  Roti mudah patah. 


Waktu memanggang di buku antara 50 - 60 menit.  Saat membuat youtube, roti dibuat hanya dalam satu loyang dan dipanggang selama 60 menit.  Roti agak gosong permukaan atasnya, tapi tidak bagian dalamnya.  Roti tawar yang menggunakan tepung tipe 405 ini dipanggang hanya 30 menit karena takut agak gosong seperti saat membuat youtube.  Bau ragi masih agak tajam. Untuk mengatasi bau tersebut roti dibuat ritter army (dibalut telur kemudian digoreng) dan dipanggang di pemanggang roti.



Mungkin lain kali cara mengatasi agak gosong. Roti tawar porsi tepung 800 g jika hanya ditempatkan di loyang panjang 30 cm, permukaannya tinggi.  Sumber api oven di wohnung ada di bagian atas.  Jadi setelah 30 menit dipanggang, posisi roti diubah jadi ditidurkan.  Cara lain dengan menutup permukaan atas roti dengan aluminium foil.


Roti tawar homemade


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

4 komentar:

  1. kak, untuk pembelian tepung terigu type 550 di indonesia dimana ya? thanks :)

    BalasHapus
  2. Hai Christine... maaf ya lama baru dibalas. Tepung terigu tipe 550 itu sama dengan tepung terigu protein tinggi. Saya belajar masaknya baru, di Jerman lagi, jadi mohon maaf tepung terigu protein tinggi yang bagus di Indonesia belum tahu.

    Kalau tidak salah, kunci mas atau segitiga biru itu punya produk terigu dengan protein tinggi.

    Happy baking...

    BalasHapus
  3. mbak, kl ngak pake ragi segar bisa ngak ya ?
    kl di HK kebanyakan jual ragi instant. kl pake ragi instans takarannya sama ngak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja menggunakan ragi instan mbak Anna Cheng... Sepertinya takaran ragi tergantung produk yang digunakan. Di sini, ragi instan dalam bentuk saset berat 7 gram untuk tepung terigu sekitar 500 g..

      Hapus