» » » Knusperwaffeln atau waffel renyah

Waffeln renyah


21 Februari 2014

Waffel camilan kesukaan anak-anak dan bapaknya.  Cara membuat pun tergolong mudah.  

Resep dari buku

Die Maus. 2014. Pfannkuchen und Waffeln. Schwager & Steinlein Verlag: Koln


Bahan yang diperlukan

125 g butter atau margarine suhu ruang
1 jumput garam
150 g gula pasir
1 saset gula vanili
4 buah telur
150 g tepung terigu
100 g tepung maizena
1/2 sdt baking soda
250 ml susu cair


Cara membuat

1. Butter atau margarine suhu ruang, garam, gula dan gula vanili dimikser hingga pucat.  Telur satu per satu dimasukkan sambil terus dimikser.

catatan:  terkadang membuat waffeln mendadak, tiba-tiba anak ingin dibuatkan.  Sementara butter masih dingin karena disimpan di dalam kulkas.  Cara membuat butter agar bersuhu ruang, masukkan butter dalam mangkuk kemudian di mikrowave sebentar.  Kira-kira butter tidak dingin tapi tidak cair.


2. Campur dan aduk rata tepung terigu, tepung maizena dan baking soda.  Masukkan secara bergantian sedikit demi sedikit campuran tepung dan susu cair. Mikser hingga rata dan tidak ada gumpalan.  


3.  Masukkan 1 centong sayur adonan waffel ke dalam cetakan.  Sengaja dibuat bentuk berlubang, agar cepat kering dan renyah.  Jika membakar tidak terlalu kering, waffel lembab.  Sebaliknya jika membakar kering sekali maka waffel renyah.


Setelah diangkat waffel didingikan di atas jeruji besi.  Dengan begitu waffel tetap terjaga "ke crunchy annya"

buku Die Maus



Proses membakar waffeln



Waffel legit renyah favorit keluarga



***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

  1. Mba Sat, kapan2 aku kalo aku bikin, pinjam resepnya yah. Kayanya light dan kres gitu ya teksturnya. Thanks mba (inta)

    BalasHapus
  2. Monggo mbak Arinta... Pesan si tikus, setelah waffel matang segera diletakkan di jeruji besi. Dijamin renyah. Kemarin itu saya lupa, putaran awal waffel di tumpuk begitu saja ehhh jadi kurang crunchy. Tidak sengaja baca buku lagi, terus didinginkan di jeruji besi... Nah...baru betul...

    BalasHapus