» » » » Brownies Kukus Hugo

Brownies kukus yang lezattttt abizzz!


22 Februari 2014

Mas Edy hari ini presentasi kemajuan penelitiannya di Kassel.  Si mas minta dibuatkan kue untuk dibawa ke acara tersebut.  Katanya yang presentasi hanya teman-teman di labnya saja.  Biar tenang dan fokus maka acaranya diadakan di Kassel.


Habis lihat-lihat resep di dapurmasak.com.  Ada recook brownies dengan komentar "enak banget".  Maka dibaca pelan-pelan resep brownies, dicatat dan dipraktekkan.  Dan memang, resep yang mantap.  Brownies kukusnya ueennnakkkkk buanget.  Resep diposting oleh mas Hugo.  Sebagai penghargaan kepada beliau yang telah shara resep.  Maka brownies saya beri nama "brownies kukus Hugo".


Resep yang harus segera dicatat, agar tidak lupa.  Sepertinya akan menjadi resep favorit saya.


Berikut Bahan dan Cara Membuat Brownies Kukus Hugo

3 buah kuning telur
4 buah telur utuh (menggunakan 7 buah telur)
300 g gula pasir (260 g gula pasir)
1/4 sdt garam
1/2 sdm SP emulsifier (tidak pakai)


125 g mentega (150 g butter)
100 g cokelat coumpound (menggunakan milk couvertour)


200 g tepung terigu
25 g susu bubuk (tidak pakai, diganti 25 g butter)
40 g cokelat bubuk
1/2 sdm baking powder (tidak pakai)


150 g keju parut
150 g susu cair (200 g sahne/wheapped cream cair/fresh cream)
125 g dark cokelat ( menggunakan white couvertour)


2 sdm mentega untuk olesan (menggunakan butter)
150 g keju parut


Catatan
Bahan sengaja dibuat berkelompok agar mudah dimengerti.  Satu kelompok akan dilakukan satu proses.



Brownies kukus....


Cara Membuat


1. Cairkan mentega, dark cokelat di atas api kecil hingga cokelat cair tapi tidak mendidih.

Cara saya: Panaskan air dalam panci yang akan digunakan untuk mengukus.  Mentega dan cokelat dimasukkan dalam panci kecil, dimasukkan dalam air panas, diaduk agar mentega dan cokelat leleh merata.


2. Kocok telur, gula pasir, SP, garam selama 20 menit.

Cara saya: Masukkan telur, gula pasir, garam dalam panci.  Masukkan panci dalam air panas untuk mengukus nanti.  Mikser selama 4 menit.  Turunkan panci, letakkan di meja kerja, mikser selama 8 menit.  Dengan cara ini telur bisa mengembang sempurna, tanpa perlu emulsifier SP, dan waktu mikser hanya 12 menit.  Cara memikser di atas air panas dikenal dengan sebutan metode Wiener.


3. Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, baking powder.  Aduk rata.  Masukkan tepung ke dalam adonan telur, aduk rata.  Masukkan cokelat leleh mentega dan cokelat leleh.  Aduk rata.  Bagi adonan menjadi 2.  Satu bagian dimasukkan ke dalam contong plastik.

Cara saya:  Adonan hanya dibawa dua, tidak dimasukkan ke contong.  Cari mudahnya saja, adonan langsung dituang ke loyang.  Memasukkan adonan ke contong plastik pasti ribet...


4. Tuang 1/2 adonan ke loyang ukuran 20 x 20 x 8 yang telah diolesi margarine dan diberi kertas roti.  Kukus selama 25 menit.

Cara saya:  Tidak punya kukusan yang memadai.  Panci terbesar yang ada di dapur, diberi ganjal gelas selai lalu ditambah dengan air.  Loyang bulat di letakkan di atas gelas selai.  Adonan dituang ke loyang lalu dikukus selama 15 menit.  Karena ukuran loyang kecil, tidak sampai membutuhkan waktu 25 menit agar adonan keras.




Proses mengukus brownies



5. Membuat bahan isian tengah Brownies. Blender keju dan susu cair lalu tambahkan cokelat blok cair, aduk rata.  Masukkan ke dalam contong plastik, buka kukusan lalu spuitkan ke adonan cake yang telah dikukus tadi.  Jangan lupa mengecilkan api agar tangan tidak panas.  Tuang kembali 1 bagian adonan mentah, kukus selama 25 menit.  Angkat, tunggu hingga dingin benar, baru balik.


Cara saya:  malas untuk mencairkan cokelat blok.  Cokelat dipotong kecil-kecil kemudian ikut diblender dengan keju parut dan sahne.  Ternyata bahan isian ini lho kunci kenapa brownies enak pakai banget.  Keren ya idenya!







6. 2 sdm margarine atau butter dimikser hingga lembut.  Oleskan di permukaan brownies lalu taburi dengan keju serut.  Brownies sudah siap disajikan







***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar