» » » » » Review: Bakso Sapi Ayam dan non Ayam

Bakso sapi dengan campuran dada ayam

19 Februari 2014


Ada dua jenis bakso yang sering dibuat
1. hanya menggunakan daging sapi giling
2. menggunakan campuran daging sapi giling dan dada ayam.


Bahan pengikat bakso adalah telur, tepung tapioka, garam dan bumbu.   Apapun yang dipilih, keberhasilan membuat bakso terletak di alat yang digunakan.  Yak alat, yakni harus menggunakan kuchen maschine/chopper/food processor untuk menghaluskan daging dan mencampur merata dengan bahan pengikat.


Perbandingan antara tapioka, daging sapi dan dada ayam adalah terserah.  Apapun perbandingan yang dipilih, bisa jadi bakso, asal menggunakan food processor.  Tapi rambunya, untuk 500 g daging digunakan 50 g tapioka dan 1 buah telur.  


Terkadang saat tidak punya stok tapioka di dapur, digunakan tepung maizena.  Bakso jadi juga dan enak.  Jadi terserah tepung pengikat yang digunakan yang penting harus menggunakan food prosessor.


Mau membuat bakso sendiri di rumah?  Maka jawabannya adalah harus membeli food processor.


Untuk mengenyalkan bakso, biasanya digunakan backpulver atau baking soda.  Baking soda ini dicampurkan ke dalam daging.  Hanya saja terkadang ada rasa 'getar' di bakso.  Cara mengakali agar bakso tetap kenyal dan tanpa rasa 'getar' adalah menambahkan baking soda di air rebusan.  Air untuk merebus ini tentu saja tidak bisa digunakan untuk membuat kuah.


Air untuk merebus bakso ditambah baking soda agar bakso kenyal tapi tanpa rasa getar


Setelah kuah bakso jadi, bakso jangan dimasukkan ke dalam kuah.  Biarkan bakso tetap kering di wadah.  Jika bakso akan di makan baru dimasukkan ke dalam kuah.  Coba perhatikan warung bakso.  Mereka menyimpan bakso di etalase kaca.  Setelah ada pembeli baru bakso dimasukkan ke dalam kuah panas.


Alasannya adalah agar bakso tidak 'sepo' (jawa) atau berasa hambar.  Bakso yang direndam lama dalam kuahnya, bumbunya akan larut.  Bakso saat dimakan jadi tidak lagi berasa gurih.  So cara yang tepat adalah seperti di warung bakso.  Simpan kering bakso baru dicelupkan ke kuah panas saat akan dimakan.


Rasa antara bakso murni daging sapi dan ditambah dada ayam.  Keduanya mempunyai rasa yang berbeda.  Tapi agar tidak bosan, terkadang membuat bakso sapi asli dan ditambah dada ayam.  Untuk soal kekenyalan, bakso yang ditambahkan dada ayam lebih kenyal dibandingkan jika murni daging sapi.



Bakso sapi makanan kesukaan saya.  Sedikit review tentang bakso.  Review didapat karena dia sering saya buat untuk keluarga. Terutama dimasak untuk Capcay, bakso kuah, mie goreng.

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Kalau punya mesin penggiling bakso malah bagus mas Abimayu. Bisa membuat bakso sekala besar nich. Saya pernah melihat mesin penggiling bakso di grosir bakso mentah Jl STM kota Medan Sumut. Bakso bisa benar-benar halus. Peluang usaha nich, membuat bakso beku sehingga awet saat dipasarkan.

    BalasHapus