» » » Roti Tawar Kentang

11 Februari 20014


Roti tawar kentang


Memburu waktu belajar membuat roti-rotian sebelum kembali ke tanah air.  Roti yang dicoba, roti tawar dengan campuran kentang tumbuk halus.  Walaupun bentuk tidak bagus tapi dari segi rasa saya suka.  Roti lembab dan bisa mengembang dengan baik.  Roti cocok dimakan dengan margarine oles (Kerrygold pakung plastik) dan ditaburi cokelat ceres.


Resep dari buku masak perpus kota Goettingen.  Resep roti tawar kentang dicatat 2 tahun lalu, buku sumber resep lupa tidak ditulis dan baru dipraktekkan sekarang.



Bekal sekolah minggu ini, roti tawar kentang oles margarine dan ceres


Berikut bahan dan cara membuat roti tawar kentang

Bahan yang diperlukan

10 g ragi segar (1/4 kotak ragi segar setara 2 g ragi instan)
400 g kentang kupas
300 g tepung terigu serbaguna (tipe 405)
1 sdt garam

Cara membuat


Kentang dipotong dadu kecil kemudian direbus hingga empuk dalam air yang sudah diberi garam.  Tiriskan kentang kemudian ditumbuk hingga halus.


Ragi dilarutkan dalam 50 ml air hangat  Diamkan 5 menit.


Masukkan tepung, kentang halus, garam, 100 ml air hangat dalam baskom.  Mikser dengan mata S hingga tercampur rata.


Masukkan ragi yang sudah dilarutkan dalam air ke dalam baskom.  Lanjutkan memikser.



Haluskan kentang, campur dengan tepung dan ragi



Letakkan kentang yang sudah dimikser di atas meja kerja.  Uleni.  Masukkan kembali adonan dalam baskom, tutup dengan plastik cling wrap.  Simpan 1 jam di suhu hangat (atas kulkas).


Uleni lagi adonan roti tawar.  


Olesi wadah dengan margarine dan taburi dengan sedikit tepung terigu.  Tata adonan roti.  Wadah tidak usah di tutup.  Simpan di suhu dingin 1 jam.


Panaskan oven suhu 220 C.  Panggang roti tawar kentang selama 30 menit di bagian tengah oven.








Catatan Pengalaman

Membuat roti tawar kentang ini boleh dibilang ribet.  Adonan saat diuleni dengan tangan sangat lengket.  Cara menguleni tidak bisa dengan didorong ke depan dengan tangan.  Adonan hanya bisa di uleni maju mundur dengan ujung jari.  "Ribet banget bu, beli di Penny hanya 1,5 euro?"


Adonan sangat lengket, tidak usah ditambah tepung terigu.  Biarkan saja lengket begitu.  Paling saat sudah capai menguleni, taburi permukaannya dengan tepung terigu agar mudah diangkat.


 Saya membuat roti langsung 2 kali porsi, sekaligus untuk bahan percobaan.  Percobaan menggunakan 1/2 dan 1/4 kotak ragi segar.  Percobaan jika kentang direbus atau dikukus.  


Hasil dari kedua percobaan tersebut sama saja.  Roti sama-sama bisa mengembang dan sama-sama enak dengan ragi 1/2 atau 1/4.  Kentang yang dikukus atau direbus sama saja lengketnya di tangan.  Kalau saya mendingan kentang direbus saja, tidak banyak cucian, lebih cepat matang.


Saya juga percobaan menutup adonan dengan aluminium foil dan plastik cling wrap.  Ternyata alu foil juga bisa membuat adonan mengembang di suhu dingin.  


Saat adonan di letakkan di loyang untuk didiamkan 1 jam.  Saya menutup loyang dengan alu foil dan plastik cling wrap.  Ternyata perlakuan tersebut salah.  Adonan lengket ke plastik dan alu foil sehingga saat ditarik, adonan menjadi agak mengempis dan tidak rapi.


Secara keseluruhan suka dengan hasil roti tawar kentang ini. Roti lembab, agak kenyal, mengembang baik.  Roti diolesi margarine Kerrygold dan taburan ceres.  Jadi teringat sering beli roti tabur ceres di toko roti Ganda Pematang Siantar Sumatera Utara...




Permukaan atas roti tidak rapi karena plastik penutup lengket ke adonan




Roti tawar kentang


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar