» » » Biji Ketepeng

Biji Ketepeng


1 April 2014

Biji ketepeng atau biji ketapang, panganan lebaran di desa saya, desa Sekuro.  Nama desa yang unik, selintas terdengar seperti Sakura.  Desa di pesisir utara pulau Jawa, tepatnya di kabupaten Jepara Jawa Tengah.


Teringat waktu kecil, mbak Sri atau bulek Tarti sering membuat biji ketapang ini.  Ikut melihat dan membantu sedikit.  Panganan lebaran lain yang sering di jumpai di desa adalah biji keciput.  Biji keciput atau onde-onde mini.


Resep biji ketapang di sharing mbak Adelia.  Resep menggunakan kelapa parut segar.  Di dapur hanya ada kelapa parut kering.  Kelapa ini diakali sehingga rasanya bisa seperti kelapa segar.



Biji Ketapang

Bahan yang diperlukan

Resep Asli
250 g tepung terigu
150 g kelapa parut
50 g gula halus
1 buah telur ayam 
80 g margarine 

minyak goreng secukupnya

Cara Membuat
Campur dan aduk rata: terigu, kelapa, gula, telur dan margarine.  Pulung bentuk memanjang.  Gunting serong lalu goreng dalam minyak dengan api sedang



Resep Modifikasi
250 g tepung terigu
50 g kelapa parut kering
50 g brauner zucker
50 g margarine
100 ml Santan kental

minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat
1.  Santan, gula, kelapa parut kering dimasak hingga kental dan kalis.

2.  Campur dan aduk rata: terigu, margarine dan kelapa.  Potong menjadi 8 bagian, buat bulat memajang, potong serong dengan pisau.

3.  Panaskan minyak goreng, setelah minyak panas atur api di bagian panas sedang.  Goreng biji ketepeng hingga kecoklatan dan matang.


Komentar Rasa

Biji ketapang renyah dan enak.  


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar