» » » » Pastel Tutup



2 April 2014

Mencatat membuat pastel tutup.  Resep hasil kreasi sendiri.  Untuk soal rasa, semoga enak dan keluarga suka.  Pastel cocok dinikmati dengan saus sambal AB*.


Bahan yang diperlukan

untuk 6-7 cup aluminium ukuran 9X9 cm


Bahan Kulit Pastel Tutup
800 g kentang
50 g keju
sejumput garam
sejumput merica bubuk


Bahan Isian Pastel
200 g dada ayam
150 g wortel
100 g bihun
1 buah bawang bombay
1 sdt garam
1/2 sdt bumbu kaldu bubuk ayam
2 sdm tepung terigu
100 ml susu cair

2 sdm margarine
margarine secukupnya
1 buah telur


Cara Membuat

1.  Kupas 800 g kentang, potong dadu.  Didihkan air yang sudah diberi 1 sdt garam.  Rebus kentang hingga empuk.  Tiriskan.

2.  Parut 50 g keju lalu masukkan dalam kentang rebus.  Tambahkan sejumput garam dan merica bubuk.  Tumbuk kentang dan keju hingga halus.

3. Potong dadu bawang bombay, tumis dengan 2 sdm margarine hingga layu.  Masukkan dada ayam yang sudah dipotong dadu kecil.  Masak hingga matang.  Jika perlu tambahkan air secukupnya. Masukkan bihun yang sudah direbus dan wortel yang sudah dipotong dadu.

4. Larutkan 2 sdm tepung terigu dalam 100 ml susu cair.  Masukkan susu dalam tumisan ayam.  Tambahkan 1 sdt garam dan 1/2 sdt bumbu kaldu bubuk.  Aduk rata isian pastel. Angkat dari kompor.  

Catatan: wortel cukup setengah matang saja karena pastel akan di panggang lagi.

5. Menata pastel tutup. Olesi wadah aluminium dengan margarine. Bagi kentang menjadi dua bagian, untuk dasar dan untuk tutup pastel.  Beri bagian dasar wadah aluminium dengan kentang, isi dengan isian pastel, tutup dengan kentang.

6.  Panaskan oven suhu 180 C

7.  Kocok telur dengan whisk ballon.  Olesi permukaan pastel tutup dengan telur.  Panggang pastel tutup selama 25 - 30 menit.




proses membuat pastel tutup




Pastel siap dipanggang, hias dengan keju bentuk hewan dll


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar