» » » Mie Hijau Sehat Enak

Pasta Hijau yang enak dan sehat...


5 Maret 2014

Mencatat membuat mie hijau.  Resep dari buku Nudeln selbt gemacht.  Mie bahasa Indonesia, pasta bahasa Italia.  Jadi mie hijau ini diberi judul pasta tagliatelle hijau untuk posting resep di Dapurmasak.com.


Pasta yang enak dan sehat.  Mie atau pasta dimakan sebagai mie ayam.  Campuran Indonesia dan Itali.  Tidak apalah, memang itu lidah kami dan bukan orang Itali.


Membuat pasta ini lumayan ribet.  Ribet dalam proses memipihkan adonan.  Adonan agak lengket, jadi butuh ekstra sabar dan taburan tepung terigu selama bekerja.  


Berikut bahan dan cara membuat pasta Tagliatelle hijau atau mie hijau

Bahan yang diperlukan

200 g bayam
300 g tepung terigu protein tinggi atau tipe 550
1 sdm minyak olive atau minyak goreng lain
1 sdt garam
2 buah telur ukuran kecil atau M.



Pasta Tagliatelle yang dimakan sebagai mie ayam jamur...


Cara membuat

1. Rebus bayam segar dalam air mendidih selama 1-2 menit.  Angkat lalu tiriskan.  Tambah bayan dengan 1 sdm minyak lalu blender hingga halus.

catatan: menggunakan bayam beku.  Bayam dicairkan lalu peras airnya.  Masukkan bayam dalam mangkuk lalu di mikrowave selama 2,5 menit.  Tambah bayam dengan 1 sdm minyak lalu blender hingga halus



Bayam dimikrowave 2,5 menit lalu blender halus



2. Letakkan tepung terigu di meja kerja, buat lubang di tengahnya.  Masukkan telur, garam, bayam.  Aduk dan uleni hingga rata dan kalis.  Buat bulatan, diamkan 30 menit.

catatan:
Adonan pasta sangat lengket.  Sabar saja jangan ditambah tepung.  Saat membulatkan adonan, baru ditaburi tepung agar mudah.



Campur tepung, bayam, telur, garam uleni kalis lalu bulatkan...


3. Potong bulanan adonan menjadi 6 bagian kecil.  Pipihkan adonan dengan mesin mie dengan bukaan no 1.  Taburi adonan agar mudah dalam bekerja.  Cara menekuk adonan sama dengan cara membuat mie homemade.  Setelah rata dan rapi, adonan mulai dipipihkan hingga bukaan no 3.

catatan:
Bulatan pasta dipotong menjadi 6 bagian agar mudah dalam bekerja.  Pasta pipih nanti tidak terlalu panjang dan tidak patah atau robek.
Mie tidak bisa dipipihkan lebih tipis no 4 dan selanjutnya karena patah atau robek.


Potong kecil adonan pasta lalu pipihkan


4.  Letakkan pasta pipih di atas serbet makan.  Jangan tumpang tindih agar tidak lengket satu sama lain.  Taburi lagi permukaan pasta.  Diamkan pasta 30 menit.


Letakkan di serbet jangan tumpang tindih


5.  Potong pasta dengan model Tagliatelle.  


Potong bentuk Tagliatelle


6.  Rebus pasta dalam air mendidih yang sudah diberi garam secukupnya.  Rebus selama 3 menit.  Rebus hanya dari satu lembar pasta agar pasta matang tidak lengket.  Angkat, tiriskan lalu tambah dengan minyak goreng secukupnya.



Mie yang cantik , enak dan sehat



***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar