» » » Sambel Tumpang Daun Wortel

17 Maret 2014


Sambal tumpang tempe lengit

Penyuka sayuran hijau berklorofil.  Sayangnya sayuran di Goettingen ini sama seperti penduduk aslinya, putih-putih.  Bunga kol, kol, chicore, kohlrabi.  Eh ada juga yang orange= wortel;  hijau =brokoli; merah = radiesen.  Sayang sayur-mayur tersebut tidak bisa menggantikan sayuran hijau berklorofil.


Saking pengennya makan daun warna hijau, iseng beli wortel yang masih ada daunnya.  Daun wortel tersebut dicoba direbus. Nah...ternyata daun wortel itu enak.  Daun tidak pahit.  Selanjutnya, kalau membeli wortel masih bertangkai, tujuannya bukan membeli wortel, tapi membeli daunnya.




Daun wortel yang sudah diambil untuk sayur


Kohlrabi, bentuk bulat, biasanya dijual dengan daunnya.  Daun kohlrabi ini enak, seperti daun singkong.  Di supermarket biasanya orang hanya mengambil kohlrabinya saja, sedangkan daunnya di putus.  Nah...sama seperti wortel, sengaja membeli kohlrabi bukan membeli buahnya tapi membeli daunnya.  Sebenarnya bisa saja mengambil daunnya tanpa membeli knol buahnya.  Tapi kan, jaim (jaga image) donk!....  Biasanya membeli satu kohlrabi plus mengambil banyak daun lainnya.



Daun kohlrabi berasa seperti daun singkong




Daun barklorofil lain yang sering dimakan adalah daun radiesen.  Belum sempat mengambil foto.  Radiesen untuk salat, warna merah, biasanya dijual satu ikat dengan daunnya.  Daun radiesen agak berbulu, tapi setelah dicuci bersih dan direbus, tidak terasa bulu di daun tersebut.  Daun radiesen enak.  Hanya saja, membeli satu bundel radiesen hanya dapat sedikit daun.



Membeli tempe tidak segar di Al Iman, tinggal sedikit lagi.  Kebetulan ada resep tempe lengit atau tidak segar di Dapurmasak.com.  Resep di posting oleh mbak Rhidha An Nisa.  Tidak mengikuti takaran yang disebutkan, karena tempenya pun hanya satu potong kecil.


Biasanya bue/ibu kalau membuat sambel tumpang ini, setelah di rebus langsung di penyet dalam sambal.  Resepnya mbak Ridha ini, dimasak lagi dengan santan. Jadi lebih enak nich...  Nah kuah sambal tumpang ditambah dengan daun kemangi.  Daun kemanginya diganti dengan daun wortel...kan cocok...makan tempe lenget plus makan sayur hijau.


Sambel Tumpang Daun Wortel

Bahan yang diperlukan

200 g tempe lengit atau tidak segar
cabai sesuai selera
1 cm kencur
300 ml santan
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1sdt bumbu kaldu
100 g daun kemangi (daun wortel rebus)


Cara membuat

1. Rebus tempe selama 5 menit. Hancurkan.

2.  Rebus daun wortel hingga empuk, tiriskan.

3. Masukkan tempe dalam panci, tambahkan cabai dan kencur yang sudah ditumbuk halus, santan.  Masak hingga mendidih.  Masukkan garam, gula pasir, bumbu kaldu dan daun wortel.  Masak sebentar, angkat.

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar