» » » » Nasi Uduk

30 Mei 2014

Alhamdulillah bisa di depan komputer lagi.  Sering mencoba membuat resep nasi uduk ini.  Keluarga suka.  Nasi uduk pera atau buyar, matang dan gurih.  Cara membuat nasi uduk terinspirasi dari resep semar mendem disini.


Selama ini sering membuat nasi uduk menggunakan ricecook.  Kalau boleh saya berkomentar, proses memasak tidak mudah.  Mengapa?  Proses membuat nasi uduk terlihat sederhana, bahan tinggal dimasukkan ricecook, pencet tombol, selesai.  Tapi dalam praktekkan tidak.  Terkadang, nasi masih "ngletis" atau masih mentah tapi otomatis sudah mati.  Tentu saja tombol ricecooker harus dinyalakan lagi.  Eh otomatis mati lagi, padahal nasi belum juga matang.  Inisiatif ditambah air.  Lha....nasi uduknya jadi lembek.  


Yang pasti saya sudah merusakkan ricecooker gara-gara sering dibuat memasak nasi uduk atau nasi kuning.  Nasi belum matang, otomatis sudah mati, dipencet lagi, lagi dan berakhir doll..



Nasi uduk pera, matang dan gurih


Nasi Uduk

Untuk 6 orang

Bahan yang digunakan

350 g beras
250 ml santan
100 ml kaldu (terkadang diganti santan atau sahne)
2 lembar daun jeruk
1 buah bawang putih diparut atau cukup digeprek saja


Cara membuat


1.  Rendam beras satu malam.  Proses merendam bisa lebih pendek hanya 2 jam.

2. Kukus beras selama 15 menit.  Didihkan santan, kaldu, daun jeruk, bawang putih.  Masukkan beras ke dalam santan panas.  Aduk rata hingga air terserap habis

3. Kukus kembali beras selama 20 menit.

4. Nasi uduk sudah matang, siap disajikan dengan lauk sesuai selera..



Nasi uduk  dengan telur asin dan tempe goreng


Komentar rasa:
Nasi uduk yang jempolan.


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar