» » Cake Belimbing


cake untuk hari libur di rumah


Membuat cake tipikal negeri Jerman, cake ringan dengan isian buah-buahan.  Buah sebagian isian cake dibuat selai dengan campuran gelierzucker atau gula yang bisa membuat selai menjadi padat.  Gelierzucker ini yang tidak ada dijual di Medan. Kemarin mencoba mengakali gelierzucker ini dengan menggunakan citric acid (CA) saat membuat selai.  CA bahan pengasam bisa dibeli di toko bahan kue dalam kemasan plastik kecil.


Buah sebagai isian cake adalah buah belimbing.  Belimbing dipotong, dicampur dengan gula pasir dan CA, lalu dimasak hingga mendidih.  Sepertinya terlalu banyak memberikan CA sehingga belimbing dan kuahnya menjadi sangat asam.  Kalau pernah makan rabarber, belimbing menjadi satu level tingkat keasamannya dengan rabarber.  Oh iya rabarber adalah seperti tanaman keladi, batangnya dibuat isian kue dan cake oleh orang Jerman, rasanya luar biasa masam. Justru mereka suka sekali dengan rabarber ini.


Bagaimana dengan rasa cake?  WOW...yes keren...cake belimbing benar-benar tipikal cakenya Jerman, ringan dan segar.  Hanya saja belimbingnya kami sisihkan tidak dimakan.  Rasanya masam sekali tidak kuat untuk memakannya.  Air kuah belimbing disiramkan ke cake.  Cake segar tidak terlalu berasa masam.  For all...cake yang ENAK!

Cake Belimbing


Isian Buah Belimbing

-350 g buah belimbing potong kecil
-150 g gula pasir
-1/2 sdt citric acid 
-1 batang kayu manis

Cara membuat
Campur jadi satu buah belimbing, gula, kayu manis dan citic acid.  masak hingga mendidih, tunggu selama 3 menit.  Matikan api lalu dinginkan.



Isian cake buah belimbing


Cake
- 5 buah telur
- 150 g gula pasir
- 130 g tepung terigu
- 40 g cokelat bubuk van Houten
- 40 g tepung susu
-30 g tepung maizena
-1/2 sdt baking soda

Cara membuat
- Didihkan air dalam panci besar.

-Masukkan gula dan telur dalam panci stein less.  Masukkan panci ini dalam air yang sudah mendidih, lalu nyalakan miker.  Mikser adonan selama 4 menit.  Turunkan adonan dari air mendidih, lalu mikser lagi selama 8 menit.  Metode mengocok telur seperti ini disebut metode wiener.

-Campur rata: terigu, tepung susu, maizena, baking soda, cokelat bubuk.

- Masukkan campuran tepung dalam adonan telur, aduk memutar dengan sendok kayu.  Masukkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi margarine dan ditaburi tepung terigu

- Panaskan oven terlebih dahulu suhu 190 C

- Panggang selama 30 hingga 35 menit.



Memiser gula dan telur diatas air mendidih. atau metode wiener


Menata cake
- 200 g wheapcream bubuk Haan
-400 ml air es
-Cokelat batang serut untuk hiasan secukupnya.
-Cake
-Belimbing

Cara menata
-Mikser hingga kaku, Haan dalam air es.  
-Belah cake manjadi dua bagian.
-Siramkan air buah belimbing di cake bawah, beri belimbing dan wheapcream secukupnya.  Siram air buah belimbing di lapisa cake atas, tutupkan ke cake bawah.  Selubungi cake dengan wheapcream.
-Hias cake dengan cokelat serut secukupnya 
-Cake siap disajikan.  Simpan cake di lemari es jika tidak habis. Cake lebih enak dinikmati saat dingin.



belah cake jadi dua, siram dengan air belimbing




menikmati cake di hari Minggu 8 Feb 2015



****


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar