» » Cooking Class: membuat mie

30 Maret 2015


Hari Jum'at 27  Maret kemarin mengisi acara perkumpulan orang tua dan guru TK Nurul Azizi Medan.  Saat itu dilakukan cooking class, membuat mi sendiri.  Mi yang sering banget dipraktekkan di rumah dan menjadi favorit keluarga.  Cara membuatnya pun mudah, dengan bahan yang tidak neko-neko.


Mi setelah jadi dimakan sebagai mi ayam bakso.  Saat cooking class hanya ditunjukkan cara membuat mi, sedangkan untuk resep kuah dan ayamnya diberikan fotokopian resep.  Bunda-bunda yang ikut acara cooking class antusias mengikuti dan juga mencicipi mi ayam baksonya.  Juga ustazah atau ibu guru walau tidak ikut acara karena mengajar, tapi turut serta menikmati mi ayamnya.  


Acara cooking class yang meriah.  Mi ayam baksonya benar-benar habis, tidak ada kuah, bakso, mi yang tersisa.  Barangkali kalau membuat porsi lebih banyak lagi habis juga.  Kemarin membuat 

  • 5 resep mi
  • 1 kg bakso, beli adonan di gang Arifin Jl STM Medan kemudian di bulatkan sendiri di rumah
  • 2 kg ayam
  • 1 kg sawi
  • Bumbu lainnya...
Resep mi ayam bakso sudah pernah diposting sebelumnya di sini.

*

Berikut ditulis kembali:

Resep Mi
300 g terigu cakra kembar premium
3 buah telur ukuran kecil
1 sdm minyak goreng
1 sdt garam

Cara membuat 
-Tuang terigu di meja kerja.  Buat lubang di tangahnya, masukkan telur, minyak goreng, garam.  Aduk rata hingga dapat dibulatkan.  Adonan cenderung kering lebih baik.  

-Potong adonan mi menjadi 4 bagian, tipiskan di mesin mi no 1, tipiskan hingga no 5. Jika diperlukan taburi pelat mi dengan terigu

- Potong menjadi bentuk mi

- Rebus dalam air mendidih 1 buat mi dari 1 pelat, selama 3 menit, angkat tiriskan.  Campur mi dengan 1 sdm minyak goreng dan 1 sdm kecap asin.


*

Untuk resep bumbu mi ayam 

Ayam

400 g ayam cincang
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt saus tiram
3/4 sdt garam
1 sdm minyak goreng

Tumis bawang putih hingga kecoklatan, masukkan ayam, masak hingga matang.  Tambahkan saus tiram, garam dan merica bubuk.

Kuah Mi dengan Bakso
2 sdt minyak wijen
2 siung bawang putih cincang halus
1 cm jahe parut beri air panas, saring
1/4 sdt merica bubuk
750 ml air kaldu
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

1. Panaskan minyak wijen, masukkan bawang putih, tumis hingga kecoklatan.  Masukkan air jahe.  Tuangkan kaldu, masak hingga mendidih. Bumbui dengan garam, merica, gula pasir.  Masukkan bakso.

Pelengkap
Sawi
Bawang goreng
Daun bawang dan seledri
Saus sambal
Kecap manis

Penyajian
 Letakkan me dalam mangkuk, bari daging ayam, bakso, sawi rebus, kuah.  Taburi dengan bawang goreng, daun bawang.  Sajikan mi dengan kecap manis dan saus sambal 

**



Sehari sebelum cooking class, dilakukan persiapan sehingga saat hari H pekerjaan menjadi lebih mudah.  Persiapan berupa membuat bakso, memotong sayur, memotong ayam bentuk dadu, merajang halus bawang putih dll.  Terima kasih banyak nich bunda Caca, bunda Kemal dan bunda Syamil atas bantuannya.  


Pagi hari di hari Jumat membuat mi, membuat ayam dan kuahnya.  Pekerjaan menjadi relatif lebih mudah...

bunda Syamil, bunda Caca dan bunda Kemal bantuin memotong-motong bahan mi ayam bakso


Yak ikutan tertawa lebar



Pelat dipotong bentuk mi


Mi mentah dimasak di kantin TK




Ustazah atau ibu guru tidak ikutan cooking class tapi ikut menyicipi hasilnya


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar