» » » Nasi Tim Tahu Jamur

15 Januari 2015

Mencatat resep nasi tim dengan bahan tahu, jamur dan dada ayam. Nasi tim dengan bumbu oriental, yang biasanya minyak wijen serta jahe beraroma tajam.  Kami tidak terlalu suka dengan hal tersebut. Untuk itu takaran minyak wijen dan jahe dikurangi, disesuaikan selera keluarga.  Hasilnya nasi tim pas banget bagi kami, tepat lezatnya.

Inspirasi nasi tim dari Cookpad Indonesia, resep yang diposting mbak Yudiwartanti link disini.  Resep dimodifikasi cara memasak dan takaran bahan-bahannya.

Nasi tim tahu jamur

Nasi Tim Tahu Jamur
by Yudiwartanti yang dimodifikasi

Bahan yang diperlukan
Bahan Nasi
350 g beras
50 g kulit ayam
1sdt garam
merica bubuk secukupnya
1,2 liter air

Bahan Topping
1 kaleng jamur merang berat bersih 130 g
350 g tahu putih
150 g dada ayam
3 siung bawang putih
1 buah bawang bombai
merica bubuk secukupnya
1 sdt minyak wijen
1 sdm saus teriyaki
1 sdm minyak ikan
3 sdm kecap manis
1/2 cm jahe
garam secukupnya
minyak untuk menumis secukupnya

Cara memasak

1. Rendam beras 30 menit.  Sementara menunggu beras mempersiapkan bahan topping.  Iris jamur merang kaleng, tahu, dada ayam, bawang bombai.  Air jamur merang jangan dibuang. Rajang halus 3 siung bawang putih dan jahe.

2. Mempersiapkan nasi aron.  Didihkan 1,2 liter air kemudian tambahkan 50 g kulit ayam, 1 sdt garam dan merica bubuk secukupnya.  Masukkan beras, masak hingga air habis. Matikan api.

3. Sambil menunggu nasi aron membuat topping.  Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang bombai, jahe dan bawang putih hingga kecoklatan dan matang.  Masukkan ayam masak hingga setengah matang, lalu masukkan tahu, jamur merang, minyak wijen, minyak ikan, saus teriyaki, kecap manis, merica bubuk.  Tambahkan air jamur merang kaleng secukupnya.  Masak hingga ayam matang dan kering.  Tambahkan garam jika diperlukan.

Memasak nasi aron dan topping nasi tim sekaligus agar efisien waktu

4. Tata topping dalam beberapa mangkuk dan wadah lain hingga habis.  Tata nasi aron diatas topping.  Panaskan air dalam dandang sarangan.

Tata nasi aron diatas topping

5. Kukus nasi tim selama 20-30 menit.  Nasi tim hangat siap disajikan. Keluarga suka dengan nasi tim ini.

Kukus nasi tim

Kesulitan memasak
Perjuangan dalam proses memasak sebanding dengan yang dihasilkan.  Kesulitan terutama saat mengukus, diperlukan hingga 2 buah dandang sarangan.  Porsi 350 g beras cukup untuk 1 hari, 1 keluarga, dengan 4 orang anggota. 

Memberi yang terbaik untuk keluarga, kenapa tidak.  Sedikit repot dalam proses memasak tapi anak-anak lahap, terutama si kecil yang susah makan.  Resep yang lain kali akan dibuat lagi.

Nasi Tim Tahu Jamur

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar