» » » Apel Pie

9 Januari 2016

Ngidam pengen makan apel pie.  Tidak tertahankan lagi.  Nggak kuat.... Entah kenapa suka banget yang namanya apel pie.  Paduan kulit dan segar apel bagi saya itu nikmatttt banget.  Jam 4 sore mulai membuat, jam 5 matang lalu duduk santai di belakang menikmati hangat, gurih dan segar apel pie.  Nyam-nyam-nyam...

Pesta apel pie bagi Ahsan dan maminya....  

Apel pie klasik


Resep apel pie yang sederhana dan mudah dikerjakan.  Sudah mencoba berbagai resep apel pie.  Bagi saya enak semua.  Best the best apel pie itu resepnya Michel Roux apalagi menggunakan butter.  Mantap dech, link disini.  Kalau resep apel pie berikut ini masih tataran enak tapi memang resepnya pak Michel Roux tidak ada duanya....  Resep pernah ditulis sebelumnya disini, dengan komen rasa dan bahasan kesulitan masak yang detil sekali.


Apel Pie Klasik
by Washburn & Cassidy yang dimodifikasi

Bahan yang diperlukan
300 g tepung terigu segitiga biru
100 g oil palm shortening (bisa diganti blue band margarine) 
1 butir telur dingin
2 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdm air dingin

600 g apel
60 g gula pasir
kayu manis parut secukupnya
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat
1. Simpan shortening (margarine) dalam lemari es sehingga kaku dan dingin.

2. Letakkan terigu di meja kerja, buat lubang ditengahnya.  Masukkan 1 butir telur, 1/4 sdt garam, 2 sdt gula pasir.  Potong dadu shortening letakkan di sekeliling tepung.  Cacah adonan hingga hingga shortening lumat.  Campur rata dengan cepat adonan menggunakan tangan.  Tambahkan 2 sdm air dingin jika adonan masih pecah.  Bulatkan.

3. Olesi loyang diameter 23 cm dengan margarine lalu taburi merata dengan tepung terigu.

4.  Bagi adonan menjadi 2/3 bagian untuk dasar dan 1/3 bagian untuk bagian atas.  Tata bagian dasar hingga rata, sisanya bulatkan.  Simpan loyang dan adonan atas dalam lemari es.  Sementara itu...

5. Kupas apel, buang isinya lalu potong dadu.  Tambahkan gula pasir, parutan kayu manis segar dan 1 sdm jeruk nipis.  Aduk rata.

6.  Masukkan apel ke dalam loyang.  Pipihkan bagian 1/3 adonan untuk bagian atas.  Potong-potong bentuk pita, lalu tata selang-seling di atas apel.

7.  Panaskan oven suhu 190C, panggang selama 45 menit


Buat di tengah tepung terigu, masukkan telur, garam, gula, dan shortening



Kupas apel, buang isinya lalu potong dadu



Tata apel pie


Panggang apel pie


Walau berantakan tapi enak....maksinya Ahsan hari ini


****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar