» » Tahu Pong

9 Januari 2016

Recook tahu pong dari Cookpad Indonesia, postingnya mba Yeni Kitchen, link disini.  

Ceritanya, melihat tahu pong di socmed.  Fotonya bagus banget.  Jadi penasaran ingin memasaknya.  Mencoba tahu pong kali pertama, tahu tidak benar-benar diperas hingga air habis dan kesat.  Waktu itu, tahu hanya diperas menggunakan tangan.  Walhasil, tahu pongnya hancur saat digoreng.  Mencoba tahu pong kali yang kedua, baru dech tahu tidak berantakan.


tahu pong

Kunci sukses membuat tahu pong adalah memeras tahu putih hingga air benar-benar habis dan tahu kesat.  Kain tipis dan kuat tipe yang pas untuk memeras tahu.  Coba browsing cara membuang kadar air yakni dengan menindih tahu lumat menggunakan batu besar. Nah lho!

Tahu bisa bulat mulus karena menggunakan bumbu halus saja.  Saat membuat tahu pong ini menggunakan bawang merah.  Bawang diuleg kurang halus sehingga permukaan tahu tidak mulus. Ada perasaan kurang afdol memasak tanpa menggunakan bawang.  Cita rasa tahu pong lebih nikmat tapi konsekuensinya permukaannya tidak rata.  

Tahu pong menggunakan 450 g tahu putih.  Hasilnya hanya sedikit.  Kayak main masak-masakan saja.  Membuat tahu pong itu penuh perjuangan. Memeras tahu hingga kadar airnya hilang itu repot, kemudian mencuci kain saringan, dll--dll.   Yah itulah hidup, ada banyak pilihan.  Mau ambil yang mana??  Hisk.... BAPER dech!

Untuk cita rasa tahu pong kayak mana? (bahasa Medan).  Yah rasa tahu gitu lah....standar rasa tahu.  Pas banget itu, tahu pong hangat dicocok dengan sambal kecap.


Kain tipis untuk menyaring tahu hingga airnya habis bis bis bis


Tahu Pong
By Yeni kitchen modified

450 g tahu 
1/2 sdt garam
merica bubuk secukupnya
1/2 sdt baking powder
bumbu kaldu secukupnya
1/2 sdt ketumbar bubuk (ketumbar bulat)
3 buah bawang merah (bisa dihilangkan agar tahu pong halus)

minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Hancurkan tahu putih, peras hingga air habis.  Peras berulang-ulang hingga kadarnya tinggal sedikit.

2. Masukkan bumbu: merica, garam, ketumbar, baking powder ke dalam tahu, aduk rata lalu bulatkan.  Simpan tahu dalam lemari es 1 jam.

3.  Goreng tahu hingga kecoklatan dan mengambang.


goreng tahu pong





****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar