» » Risoles Express Roti Tawar

2 Maret 2016

Menambah catatan membuat bekal sekolah.  Anak sekolah di SMP Harapan 2 Medan dengan posisi kelas di lantai atas.  Katanya dia malas turun ke kantin jadi sering minta dibuatkan bekal saja.  Atau memang dia baik hati, saku bulanan yang kami berikan selalu di hemat dan tidak dihabis-habiskan.  Kelebihan uang saku tersebut ditabung di Tabunganku milik Bank Indonesia.  Tabungan jenis ini tidak ada biaya administrasi, cocok buat pelajar yang memang tidak terlalu banyak nominal uang yang bisa disimpan.  FYI biaya admin bank lumayan banyak.  Menggunakan Mandiri konvensional, biaya admin hampir mencapai 15 ribu rupiah, sedangkan untuk Mandiri Syariah biaya admin 7 ribu rupiah.  Kalau uang di tabungan hanya beberapa ratus ribu kan jadinya uang habis terpotong untuk biaya administrasi.

risoles express roti tawar


Roti tawar diisi dengan sosis, dibentuk seperti risoles lalu di goreng.  Resep relatif mudah dan enak.  Inspirasi dari melihat beberapa postingan jenis olahan roti tawar di Cookpad Indonesia.

Risoles Express Roti Tawar

Bahan yang diperlukan
7 lembar roti tawar
3 buah sosis
1 kuntum brokoli
1/2 buah bawang bombai
2 siung bawang putih
1 sdm saus teriyaki
garam secukupnya
minyak goreng untuk menumis secukupnya
merica bubuk secukupnya
1 sdm tepung maizena larutkan dalam air

2 butir telur untuk mencelup
50 g tepung panir
1 sdm tepung terigu

minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara memasak

1.  Pipihkan roti tawar hingga benar-benar padat dan pipih.  Catatan: sebelumnya pernah membuat kudapan menggunakan roti tawar.  Menurut resep, roti hanya digulung lalu digoreng.  Ternyata minyak goreng banyak bersarang dalam roti.  Tentu tidak sehat makan minyak goreng terlalu banyak.

2. Tumis bawang bombai potong dadu dan bawang putih rajang halus dengan minyak goreng secukupnya hingga kecoklatan.  Masukkan sosis potong dadu kecil, brokoli, saus teriyaki, merica bubuk, garam aduk dan masak hingga brokoli matang.  Larutkan 1 sdm maizena dengan air, masukkan ke isian risoles, aduk hingga tercampur rata.  Matikan api.

3.  Isi roti tawar pipih dengan bahan isian, gulung, tekan ujungnya agar risoles tertutup dengan rapi.

4.  Kocok lepas 2 butir telur, tambahkan sedikit garam.  Campur 1 sdm tepung terigu dan 50 g tepung panir. Celup roti dalam kocokan telur, balur dengan adonan panir.  Jika roti masih berlubang, proses pencelupan ke telur dan tepung bisa diulang.

5. Simpan risoles dalam freezer selama 5-8 menit.  Panaskan minyak lalu goreng risoles hingga kecoklatan.  Bekal sekolah sudah siap..

proses pembuatan risoles express

Catatan:

1.  Risoles expres ini tidak menyerap banyak minyak sehingga insya allah tidak takut untuk makan

2.  Telur sebagai pencelup sebanyak 2 butir.  Biasanya telur pencelup cukup 1 butir saja.  Roti tawar menyerap banyak cairan telur lebih baik daripada menyerap banyak minyak goreng


risoles express roti tawar


****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: