» » » Nasi Bakar Ricecooker

22 April 2016

Bissmillah membuat catatan resep nasi bakar ricecooker.  Ada embelan ricecooker identik dengan proses pengerjaan yang mudah.  Yak betul, proses membuat nasi bakar lebih mudah karena yang menanak nasi alat bukan kita.


nasi bakar ricecooker

Komentar rasa:  nasi bakar yang enak. 

Catatan proses menanak nasi menggunakan ricecooker.   Pengalaman sebelumnya sempat merusakkan ricecooker saat membuat nasi kuning.  Santan dimasukkan di awal sebelum alat dihidupkan.  Nasi belum matang tetapi otomatis sudah mati duluan.  Ricecooker dipencet lagi, lagi dan lagi yang berakhir dol.  Otomatis ricooker rusak.

Nah di resep ini proses menanak nasi menggunakan santan, diakali sehingga nasi matang tetapi otomatis tidak rusak.  Caranya masak nasi dengan air hingga mendidih dan agak kering seperti nasi aron.  Cabut steker biar tidak tersengat listrik.  Masukkan santan kemasan, aduk rata.  Tancapkan kembali steker, tunggu hingga otomatis mati.  Diamkan beberapa saat (kurlbe 5-10 menit) hingga nasi tanak.   Dengan cara ini otomatis tidak ditekan berkali-kali yang menyebabkan kerusakan.  Ide diambil dari posting resep di Cookpad Indonesia oleh Dillah NF.

Proses membakar.  Aroma wangi daun lebih meresap ke nasi jika dalam proses pembakaran ditambahkan minyak goreng.  Ide penambahan minyak goreng ini saat melihat proses pembakaran arem-arem ketan hitam di gerai GOGO jl. Mojopahit Medan.  Gogo adalah nama toko kue yang menjual risoles, kroket, kue sus dan arem-arem ayam ketan hitam.  Kue-kue yang dijual di toko tersebut enak-enak.


Nasi Bakar Ricecooker
by Sat R

 untuk 7 buah nasi bakar

Bahan yang diperlukan
Nasi
300 g beras
1 bungkus Sun Kara 65 ml
1 siung bawang putih
1 buah bawang merah
2 lembar daun salam
1/2 sdt garam

Isian
200 g dada ayam
150 g jamur tiram
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdm saus tiram
2 sdm margarine

Daun pisang secukupnya
Minyak goreng untuk proses membakar

Cara membuat

1. Cuci beras masukkan dalam ricecooker.  Tambahkan air hingga setinggi dua ruas jari telunjuk, bawang putih geprek, bawang merah iris tipis, daun salam.  Masak hingga mendidih dan seperti nasi aron.  Cabut steker, masukkan santan Kara, tambah air secukupnya hingga nanti nasinya pas empuknya.  Tancapkan kembali steker, tunggu hingga otomatis mati.  Biarkan nasi 5-10 menit agar tanak.

2.  Sementara itu membuat isian nasi bakar.  Potong dadu dada ayam.  Suwir-suwir jamur tiram.  Rajang halus bawang merah dan bawang putih.  

3. Masuk 2 sdm margarine dalam wajan, masukkan bawang merah dan putih.  Tumis hingga harus.  Masukkan dada ayam, aduk rata, tutup wajan agar air dari ayam keluar.  Buka tutup, masukkan jamur tiram, garam, saus tiram.  Tambahkan sedikit air jika perlu.  Koreksi rasanya.  Matikan api.

4. Layukan daun pisang di atas api kompor.  Isi daun dengan nasi secukupnya, pipihkan, tambahkan bahan isian, bungkus daun lalu semat dengan tusuk gigi atau lidi. Catatan: untuk 300 g beras didapatkan 7 buah nasi bakar.


proses membungkus nasi bakar


5.  Bakar nasi dengan teflon.  Setelah daun layu, balik, lalu siram dengan minyak goreng secukupnya.  Balik lagi daun, siram minyak goreng secukupnya.  Bakar nasi hingga dirasa cukup.


bakar nasi di atas teflon dengan ditambahkan minyak goreng

Catatan: dengan menambahkan minyak goreng membuat proses membakar lebih lama, daun tidak mudah gosong, aroma daun bisa merasuk sempurna ke dalam nasi, serta tidak mudah  basi.



nasi bakar ricecooker

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar