» » Takaran Bahan Cake

18 Juli 2016

Serba-serbi membuat cake.  

Bahan-bahan yang digunakan saat membuat cake harus sesuai takaran resep.  Jika menyalahi timbangan, cake tidak gagal dalam artian masih bisa dimakan. Hanya saja dalam segi rasa menjadi tidak optimal.


Faktor utama wajib diperhatikan dalam membuat cake itu kualitas bahan.  Bahan mentah diturunkan kualitasnya, rasa cake pun bisa sangat berbeda dengan yang pernah dibuat sebelumnya.


Perubahan bahan yang dipakai juga berpengaruh terhadap konsistensi adonan.  Saat membuat cake pertama, dengan jumlah cairan tertentu konsistensi adonan pas.  Ternyata dengan mengganti salah satu bahan, dengan pemakaian sejumlah cairan sama, adonan menjadi keenceran.


cake cokelat ganache

Sehingga resep yang dibuat di suatu daerah atau suatu negara, jumlah cairan itu bisa sangat berbeda jika dibuat di wilayah lain.  Ada faktor 'feel' atau rasa hati untuk membuat suatu keputusan. 


Membuat cake ganache lebaran tanggal 6 Juli kemarin.   Mencoba membeli cokelat yang tidak biasa digunakan.  Volume wheap cream cair sesuai resep ternyata ganache yang dihasilkan menjadi terlalu encer.  Untuk mengakali, biar konsistensi cake bagus (seperti di foto) ditambahkan butter dan gula bubuk.  Ganache bisa dibuat frosting dengan baik, tetapi dari segi rasa tidak optimal. 


Pengalaman adalah guru terbaik.  Dengan mencoba menjadi tahu bahwa cokelat batang ini yang terbaik, baking powder itu yang sebaiknya dipakai, cokelat bubuk merk A yang bagus dsb.


-***-

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar