» » » Schoko Pflaumen Brot

Schoko Pflaumen Brot (Roti Coklat Plum)
Roti ini enak.  Baru melihat foto dan resep saja sudah 'ngiler' pengen.  Yang bikin enak roti ini adalah coklat dan buah plumnya.  Perpaduan yang pas, manis coklat dan masam plum....


Bahan yang diperlukan

  1. 2 1/2 sdt ragi granul ( 20 gram ragi segar)
  2. 350 ml air susu hangat
  3. 500 gram tepung terigu tipe 505
  4. 1 sdt garam
  5. 30 g butter suhu ruang dan butter atau margarine untuk olesan loyang
  6. 200 g buah plum kering, dipotong empat 
  7. 200 gram coklat pahit (zartbitterschokolade) dipotong besar
  8. 1 buah telur dikocok lepas

Bahan: coklat, buah plum kering, butter dan telur



Cara membuat
  • Ragi dituang dengan 100 ml air susu hangat.  Biarkan selama 5 menit kemudian aduk dan larutkan dengan air susu.  Saat mengaduk sebaiknya menggunakan sendok kayu atau pakai tangan saja.

  • Tepung terigu dan garam di letakkan dalam baskom.  Buat lubang di tengah tepung tersebut, kemudian masukkan ragi

  • Campur ragi dengan tepung terigu, mulai dari sisi terdekat.  Tambahkan air susu hangat yang masih tersisa (jika perlu).

  • Uleni tepung terigu hingga kalis dan elastis.  Uleni tepung dengan cara mendorong ke depan dengan tangan kanan.  Lakukan berulang-ulang sampai adonan elastis.
Uleni adonan tepung dengan mendorong ke depan


  • Tutup dengan handuk lembab hangat selama 1 jam sampai volume adonan tepung dua kalinya.  Olesi loyang berbentuk persegi panjang dengan butter atau margarine

  • Adonan tepung dikempeskan dengan cara di pukul.  Biarkan selama 10 menit.  Masukkan coklat, buah plum, butter dan telur kocok.  Uleni adonan 1-2 menit sampai bahan tambahan tersebut tercampur rata

  • Masukkan adonan roti ke dalam wadah yang sudah diolesi dengan butter.  Tutup dengan serbet hangat lembab selama 30 menit dan adonan kembali mengembang.

  • Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180 C selama 45 menit.  Saat mulai memanaskan oven jangan lupa, semprot atau perciki oven dengan air dan letakkan es batu + air di dalam wadah tahan panas di oven bagian bawah.  Air tersebut bertujuan agar roti yang di hasilkan empuk alias tidak keras.

es batu dan air diletakkan dalam wadah tahan panas agar roti tidak keras

Roti coklat buah plum......nyummy enak enak. enak...

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar