» » » » » Shortbread

Shortbread bentuk beruang

Shortbread ini mempunyai citarasa butter yang kuat.  Bagi yang suka, kue ini sangat enak.  Bagi yang tidak suka bisa kepleset jadi "blengeri" (jawa, terlalu enak jadinya cepat bosan dan eneg).  Kue terlihat kaku tetapi tidak saat dikunyah.  Shortbread ini renyah, dengan tiap gigitan terasa manis gurih butter.

Shortbread bisa dipipihkan di loyang kemudian atasnya dihias dengan buah-buahan.  Kue ini bisa juga hanya di pipihkan, dikasih tanda dengan pisau saat masih mentah kemudian tinggal di patahkan saat makan.  Shortbread bisa juga di cetak kecil dengan berbagai bentuk figuran.

Resep diambil dari buku Teubner Handbuch Backen


Shortbread yang dihias dengan cream dan buah

Bahan yang dibutuhkan

  1. 150 g butter
  2. 100 g gula pasir
  3. 250 g tepung terigu
  4. 1 jumput garam

Bahan tambahan: 1 buah kuning telur untuk mengolesi permukaan shortbread atau tidak dikasih olesan juga tidak apa-apa


Cara Membuat
  1. Tepung terigu dituang di atas meja kerja, buat lubang di tengahnya.  Gula dituang ke dalam lubang.  Butter dipotong kecil-kecil kemudian ditaburkan merata di atas terigu.  Cacah campuran tepung tersebut menggunakan pisau besar.  Uleni dengan tangan hingga tercampur rata dan secepat mungkin. Ini adalah resep agar shortbread tidak keras saat digigit. Adonan di simpan dalam kulkas selama 2 jam.
  2. Oven mulai dipanaskan pada suhu 190 C.  Olesi loyang panggang dengan margarine atau butter.  Adonan di pipihkan kemudian diberi tanda potongan dengan pisau tajam, olesi dengan kuning telur.  Untuk dijadikan pie buah, pipihkan adonan dalam loyang panggang, tusuk-tusuk permukaan dengan sendok garpu dan tidak perlu diolesi dengan kuning telur
  3. Panggang selama 20 menit.  Biarkan dingin.
  4. Untuk pie buah, campur creme fraiche dengan gula bubuk kemudian aduk rata.  Olesi permukaan kue dengan creme kemudian dihias dengan buah yang disukai

Shortbread yang dihias dengan creme dan buah


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar