» » Pfirsich Torte


Resep diambil dari buku: Koehler E.  2007.  Koestliche Torten von Klassisch bis Modern.  Vehling Verlag:      Berlin.


Torte di atas khasnya torte jerman, cita rasa ringan dengan rasa segar karena ada isian buah-buahan.  Judul asli torte tersebut Williams Birnen Torte, menggunakan buah kaleng Birnen (pir) merk Williams.  Saat itu buah kaleng yang ada di dapur Pfirsich, untuk menggantikan buah kaleng Williams Birnen.


Berikut bahan -bahan yang diperlukan dan cara membuat Williams Birnen Torte

Biskuitmasse

  1. 4 buah putih telur
  2. 4 sdm air dingin (air dari kulkas)
  3. 100 g gula pasir
  4. 2 sdt vanillezucker Bourbon (gula vanili Dr. Oetker dengan granul buah vanili)
  5. 4 buah kuning telur
  6. 60 g speisestarke (tepung meizena)
  7. 60 g tepung terigu type 405
  8. 30 g coklat bubuk
  9. 1 sdt backpulver
Fuellung
  1. 1 kaleng Williamschristbirnen 850 g (diganti dengan buah kaleng Pfirsich)
  2. 2 sdm tepung maizena
  3. 1 batang kayu manis
  4. 2 buah cengkeh
  5. 750 ml schlagsahne (heavy cream/wheap cream)
Hiasan
  1. Dinkel Gepuft Bio Alnatura (brondong beli di Tegut)
  2. Buah kiwi
  3. Permen warna-warni rasa buah (beli di Rewe dengan bahan rindgelatin/gelatin sapi)

Gambar Williams Birnen Torte di buku


Cara Membuat

Putih telur dan air dingin dimikser dengan kecepatan tinggi hingga kaku.  Awalnya ragu-ragu putih telur dan air, mana bisa kaku?  Tetapi setelah di coba ternyata air dingin (es) bisa mengkakukan putih telur.  

Kemudian, gula, gula vanili dimasukkan ke dalam putih telur sedikit demi sedikit sambil terus di mikser.  

Kecepatan mikser diturunkan, kemudian kuning telur dimasukkan sambil diaduk ringan.  Matikan mikser

Campuran tepung terigu, tepung meizena dan backpulver dimasukkan ke dalam adonan telur sambil di ayak. Tujuan pengayakan biar jatuhnya tepung ke dalam adonan lembut dan tidak menggumpal.  Pangayakan bukan bertujuan untuk menyaring kotoran, karena yang pasti tidak ada kotoran di tepung.  Aduk rata tepung dkk menggunakan spatula, arah memutar hingga rata

Masukkan adonan dalam loyang panggang yang sudah diolesi dengan margarine dan ditaburi dengan tepung terigu.

Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 C selama 30 menit.

Saat biskuit masih hangat tanken (siram) dengan cairan gula atau susu kental manis buatan sendiri.  Perlakuan tanken (siram) kunci torte lembut-lembab-lezat.  Cara membuat cairan gula 100 ml air + 80 g gula pasir dimasak hingga mendidih.  Siramkan air gula ini merata ke atas biskuit.  Terkadang biskuit perlu ditusuk-tusuk agar air gula mudah meresap rata ke dalam biskuit. Biskuit juga bisa di tanken dengan susu kental manis secukupnya.  Cara membuat susu kental manis 1 pakung karton kondenschmilch (300 ml) + 300 g gula pasir, dimasak di atas api kecil hingga mendidih dan agak mengental.  Masukkan ke dalam botol saat masih panas dan segera tutup.  Perlakuan ini membantu menyeterilkan botol sehingga susu kental manis dapat tahan lama.  Susu kental manis dapat disimpan dikulkas dan digunakan sewaktu-waktu.  Susu kental manis ini juga bisa digunakan untuk menyiram pisang saat membuat pisang keju, memperkaya rasa fuellung pie-pien dll.  

Biskuit dipotong menjadi 3 bagian (biskuit hanya dipotong menjadi 2 bagian).  Birnen (pfirsich) disaring kemudian dipotong dadu.  250 ml saft + kayu manis + cengkeh dan 3 sdm gula (tergantung selera) dimasak hingga mendidih.  Tepung meizena dan 2 sdm air dingin diaduk rata kemudian masukkan dalam cairan saft mendidih.  Masukkan birnen sebentar kemudian angkat panci dari kompor.

Pfirsich Torte
Birnen ditata di dasar biskuit.  Schlagsahne dikocok kaku kemudian dioles merata diatas birnen. Biskuit kedua ditutupkan kemudian seluruh permukaan torte di tutup dengan sahne.  Hias torte dengan roset, buah, permen buah warna-wani dan dinkel gepuft di bagian sisi pinggirnya.


Mengocok schlagsahne ternyata tidak semudah yang ditulis dibuku. Sebelumnya mengocok schlagsahne selalu tidak berhasil membentuk masa padat merata. Selalu terbentuk masa terpisah cairan dan padatan. Walaupun sudah menggunakan sahnefestiger tetapi tetap juga gagal.  Schlagsahne ini dapat dibeli di lemari pendingin di supermarket Penny, LIDL, Rewe, Tegut, Real dll.  Setelah bertemu dengan buku Teubner Handbuch Backen baru berhasil mengocok schlagsahne.  


Cara mengocok schlagsahne: simpan schlagsahne, mata mikser dan panci berbahan aluminium dalam lemari es semalaman.  Saat semua alat dan bahan dingin, segera mikser dengan kecepatan rendah, stabil, terus sampai terbantuk massa konsisten.  Saat sclagsahne masih setengah kaku bisa ditambahkan gula bubuk dengan tingkat kemanisan sesuai selera (2 sdm) atau sahnefestiger (bahan untuk mengkakukan schlagsahne). 



Pfirsich Torte


Pfirsich Torte


Menikmati Pfirsich Torte




Bagian dasar kue ini juga menggunakan Pfirsich Torte dengan hiasan roset jerman buttercream  rasa coklat



Dasar Barbie Cake ini juga menggunakan Pfirsich Torte dengan hiasan jerman buttercream rasa coklat


Dasar barbie cake menggunakan Pfirsich torte

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar