» » » Orangenmarmelade (Selai Orange)


Selai blutorangen yang menarik warnanya, untuk  roti bakar


Sekarang sedang musim buah orange, klementine.  Buah ini sumber vitamin C keluarga disaat pilihan sayur-mayur terbatas jumlah dan variasinya.  Sudah bersemangat membeli Blut Orange(orange darah, kerena ada noda warna merah di daging buahnya), ternyata rasanya asam banget.  Dengan sangat menyesal buah tersebut teronggok di meja makan, tidak ada yang mau menyentuhnya.

Saat melihat resep Orangenmarmelade di bukunya William Curley, langsung buah orange dijadikan bahan percobaan.  Hasil selai blut orangen bagus penampilannya. Hanya saja ada sedikit rasa pahit khasnya keluarga jeruk-jerukan.  Saat dijadikan teman roti, rasa sedikit pahit tidak terlalu terasa.

Resep diambil dari buku Schokolade karya William Curley


Bahan yang di perlukan untuk Orangenmarmelade

  • Kulit dari 2 buah orange (saya tidak menggunakan)
  • 400 g daging buah orange, buang bersih kulit dan bagian arinya yang berwarna putih
  • 120 ml orangensaft 
  • 330 g gelierzucker (gula yang mengandung bahan pengental pektin)

Cara membuat 

Kulit jeruk, daging jeruk, orangensaft dan gula dimasak.  Biarkan mendidih selama 5 menit.  Hancurkan daging buah jeruk menggunakan stabmikser (blender).  Masukkan kembali daging buah jeruk ke dalam panci.  Biarkan mendidih 3-4 menit.

Saat masih panas, masukkan ke dalam gelas kaca bersih.  Segera tutup gelas tersebut, setelah 5 menit buka tutupnya untuk membuang uap air.  Tutup kembali gelas.

Selai siap dinikmati dan caranya mudah 

Selai  Orangen

Paduan selai orangen dan nutella untuk roti bakar

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar