» » Badische Apfeltorte

Badische Apfeltorte



Resep diambil dari buku Torten Hits dengan modifikasi penambahan isian (füllung) pudding-karamel.


Bahan yang dibutuhkan

·         3 buah telur
·         125 g + 75 g gula pasir
·         75 g tepung terigu
·         75 g + 1 sdm tepung maizena (speisestärke)
·         1 sdt backpulver
·         2 sdm (20 g) coklat bubuk
·         750 g buah apel yang masam
·         125 ml saft apel
·         Parutan kulit dari ½ buah zitrone
·         400 g schlagsahne (wheap cream cair)


Modifikasi dengan menambahkan pudding caramel, bahan yang diperlukan
·         1 bungkus vanili pudding pulver
·         100 g gula pasir + 2 sdm air
·         100 philadelpia (doppelrahmfriskäse)



Badische Apfeltorte



Cara membuat

☻  Loyang diameter 24 cm diolesi dengan mentega cair kemudian ditaburi dengan tepung terigu.    Telur dipisahkan antara kuning dan putihnya.  Putih telur dan 3 sdm air dingin (es) dimikser hingga kaku, kemudian 125 g gula dimasukkan sedikit demi sedikit sambil terus dimikser.  Kuning telur dimasukkan satu per satu sambil terus dimikser.  Tepung terigu, 75 g tepung maizena, backpulver, coklat bubuk diayak sambil dimasukkan ke dalam adonan telur.  Aduk hingga semua adonan tercampur rata.  Masukkan ke dalam loyang panggang.


☻   Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 175 C selama 25 menit.  Dinginkan.


☻   Apel dikupas kulitnya, buang biji kemudian dipotong dadu kecil-kecil.  Saft apel, 75 g gula pasir, kulit zitrone dimasak selama 5 menit.  1 sdm maizena dan 2 sdm air diaduk rata.  Masukkan ke dalam rebusan apel.  Didihkan sebentar kemudian angkat dari kompor.  Dinginkan


☻   6 sdm susu dan 1 bungkus pudding diaduk hingga rata.  400 ml (sudah dikurangai 6 sdm) susu cair dimasak hingga mendidih. Angkat susu dari kompor.  Masukkan pudding ke dalam susu, aduk menggunakan schnee besen (adukan berbentuk bunga).  Letakkan kembali pudding di atas kompor.  Masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak gosong.   Angkat dari kompor.   100 g gula pasir dan 4 sdm air  diletakkan dalam panci, masak dengan api sedang hingga terbentuk caramel berwarna coklat. Dinginkan.  Mikser pudding hingga lembut, masukkan caramel dingin dan philadelmida, mikser hingga tercampur rata.


☻   400 sahne, mata mikser dan panci aluminium didinginkan dalam kulkas (lebih baik semalaman).  Mikser sahne hingga sedikit kaku, masukkan 2 sdm gula bubuk dan 2 bungkus sahnesteif, mikser lagi hingga sahne kaku sesuai konsistensi yang diinginkan.


 ☻   Biskuit di belah menjadi dua bagian.  Bagian bawah biskuit diberi apel kompot, ratakan.  Tutup dengan biskuit kedua, kemudian beri pudding caramel.  Tutup dengan biskuit ketiga.  Olesi permukaan torte dengan sahne.  Hias dengan coklat parut, fruchtegelee dan roset sahne.



Badische Apfeltorte



☻   Selamat menikmati.  Suami menyukai torte ini, dan 2 hari berturut-turut menjadi bekal ke labnya.


   Jika terlalu repot membuat isian pudding, bisa dihilangkan.  Sahne ditambah menjadi 600 ml, dikocok kaku.  Lapisan pudding diganti dengan olesan sahne.


Badische Apfeltorte



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar