» » » » Blätterteig atau Pastry

Adonan Dasar Blätterteig atau Pastry


Adonan pastry yang dibuat kue Schweinsöhrchen (kuping babi)

Masih tetap penasaran dengan pastry, ingin menahlukkan panganan yang satu ini.  Ini pastry percobaan kedua.  Resep berbeda dari pastry pertama.  Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, cocok untuk level percobaan, yang kadang terjerembab kegagalan.  Tapi bersyukur percobaan ini berhasil dengan baik.  Pastry bisa menghasilkan lapisan-lapisan dan renyah.


Resep diambil dari buku
Schwillo G.  2010.  Backen.  Moewig: Hamburg



Bahan yang diperlukan

  1. 250 g tepung terigu
  2. 1 kuning telur
  3. 25 butter suhu ruang
  4. 250 g butter suhu dingin (10 menit sebelum membuat pastry butter disimpan dalam freezer)
  5. 1/2 sdt garam
  6. 150 ml air dingin (10 menit sebelum membuat pastry air disimpan dalam freezer)
  7. Meja kerja bersuhu dingin, kata buku meja marmer (hiks ...hiks... tantangan berat bikin pastry di daerah tropis yang suhu udaranya panas meriah serta tidak punya meja marmer)



Yesssss....kuping babi berhasil dengan baik walaupun penampakan masih berantakan.  Delicious mannn!



Cara membuat pastry

1# Tepung terigu, kuning telur, 25 g butter suhu ruang, garam di mikser dengan mata s.  Air dingin sedikit demi sedikit dituang dalam adonan tepung.  Mikser hingga menjadi adonan yang lengket.  Dinginkan adonan (lemari es) selama 15 menit.



2#  Taburi meja kerja dengan tepung terigu.  Ambil butter, taburi juga permukaannya dengan tepung terigu.  Pipihkan butter dengan ukuran (20 x 20 cm).  Simpan butter dalam lemari es.



3#  Taburi meja kerja dengan tepung terigu.  Ambil adonan tepung terigu, pipihkan dengan ukuran (30 x 30 cm).  Letakkan butter ditengah adonan tepung, tutup butter seperti membungkus kado.


Butter diletakkan di tengah tepung, tutup hingga permukaan butter tidak terlihat



4#  Taburi meja dengan tepung terigu.  Pipihkan tepung dan butter dengan ukuran (25 X 35 cm).  Lipat menjadi 3 bagian.  Bungkus dengan aluminium folie kemudian simpan 10 menit dalam kulkas.


Pipihkan tepung+butter 25 x 35 cm, lipat mejadi 3 bagian


5#  Taburi meja kerja dengan tepung terigu.  Ambil adonan dari kulkas kemudian pipihkan kembali dengan ukuran 25 x 35 cm.  Lipat menjadi 4 bagian, bungkus dengan aluminium folie, simpan dalam kulkas selama 20 menit.


6#  Ulangi lagi langkah di nomor 4 dan 5.  Simpan adonan pastry di kulkas 30 menit, sebelum digunakan untuk membuat kue salah satunya Schweinorhchen.  Jika pastry tidak ingin segera dibuat kue, adonan tersebut dalam di simpan dalam freezer.


****

Schweinsöhrchen mit Zimt


Schweinsöhrchen mit Zimt kue kuping babi kecil dengan kayu manis

Bahan-bahan yang diperlukan
  1. 450 g tepung pastry
  2. Tepung terigu untuk taburan meja kerja
  3. 1 sdt kayu manis bubuk
  4. 30 g + 20 g gula bubuk
  5. 3 bungkus gula vanili
  6. Plastik wrapping (klarsichtfolie)

Cara membuat

# Jika menggunakan tepung pastry beku, taburi meja kerja dengan gula pasir, biarkan pastry melunak pada suhu ruang.


#  Siapkan: kayu manis bubuk, 2 sdm gula pasir, 2 bungkus gula vanili, campur rata.


#  Pipihkan pastry dengan ukuran 30 x 40 cm.  Olesi permukaan pastry dengan sedikit air.  Taburkan merata  campuran kayu manis dkk pada permukaan pastry.

Taburi permukaan pastry dengan kayu manis bubuk+gula+vanili+ ("iseng" brondong)

#  Gulung permukaan pastri dari kedua ujungnya sehingga bertemu di tengahnya.  Tutup dengan plastik wrapping, kemudian simpan dalam freezer selama 30 menit.


#  2 buah loyang semprot permukaannya dengan air dingin.  Pastry dingin potong selebar 1 cm.  Tata pastry di loyang dengan jarak masing-masing 5 cm.


#  1 sdm gula pasir dan 1 pakung vanili campur rata.  Taburkan gula tersebut di permukaan kuping babi.  Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 225 C selama 10 - 12 menit sampai berwarna coklat keemasan.


Taburi permukaan kuping babi dengan gula+vanili



Berikut video berisi slide foto proses pembuatan Schweinsöhrchen mit Zimt




«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar