» » » » Pie Rabarber

Pie Rabarber

Bulan Mei 2013 ini, rhabarber mulai banyak muncul di supermarket.  Sudah berhari-hari ngidam pengen makan rabarber.  Beli kue yang ada rabarbernya tapi masih kurang puas memenuhi rasa ngidam.  Akhirnya beli saja rabarbernya dan dibuat pie.  Puas menikmati pie rhabarber.   Kalau sudah kembali ke Indo pasti akan sulit atau bahkan tidak bisa makan rhabarber lagi.


Rhabarber yang biasa dijual adalah bagian batang yang berwarna hijau kemerahan.  Rhabarber semacam tanaman talas dengan daun berwarna hijau.  Rabarber ini berasa masam, biasanya digunakan sebagai bahan isian kue dan kompot atau stup buah.


Batang rabarber


Sebelum digunakan, kulit batang rhabarber dikupas, dicuci bersih kemudian dipotong sepanjang 1-2 cm.


Berikut bahan dan cara membuat Pie isi rhabarber.  Resep diambil dari buku Backen wie auf dem Land dan Tortin Hits.

Bahan yang diperlukan

750 g rabarber
200 g gula pasir

Cara Menyipkan rhabarber

#  Kulit rhabarber dikupas, dicuci bersih, kemudian dipotong-potong sepanjang 2 cm.
#  Letakkan rhabarber dalam baskom, kemudian taburi merata dengan gula pasir
#  Diamkan rhabarber selama 1 jam, hingga air buahnya keluar
#  Air buah ini digunakan untuk mencairkan pudding

Rhabarber yang sudah ditaburi rata dengan gula pasir


Bahan Dan Cara Membuat Pie


  • 250 g + 1 sdm tepung terigu
  • 75 g gula pasir 
  • 1 bungkus gula vanili
  • 1 jumput garam, 1 ujung pisau backpulver
  • 125 g + 60 g butter atau margarine
  • 4 buah telur
  • 750 g rhabarber yang sudah dipersiapkan sebelumnya
  • 250 ml air rhabarber yang keluar, jika kurang ditambah dengan susu cair
  • 1 bungkus puddingpulver
  • 200 g schlagsahne


Cara Membuat


 250 g tepung terigu, 75 g gula, gula vanili, garam, backpulver, 125 g butter dingin dipotong dadu dan 1 buah telur diletakkan di meja.  Cacah bahan-bahan tersebut menggunakan pisau dapur besar hingga butter dan telur agak tercampur rata dengan tepung.  Uleni adonan menggunakan tangan, hingga rata dan dapat dibentuk bulatan.  Tutup dengan plastik kemudian simpan 30 menit dalam lemari es.


Olesi loyang panggang diameter 26 cm dengan margarine kemudian taburi dengan tepung terigu., bisa juga tepung panir atau tepung jagung.


Adonan tepung dipotong menjadi dua bagian.  Setengah bagian adonan tepung dipipihkan kemudian ditata untuk bagian dasar loyang.  Setelah bagian lagi, digulung memanjang seperti ular, kemudian ditata dibagian sisi loyang setinggi 4 cm.


Tiriskan rhabarber kemudian tata rhabarber dalam loyang tersebut.   Jika masih ada gula yang belum larut masukkan saja ke dalam loyang.  Air rhabarber yang keluar di simpan dalam gelas ukur.  Tambahakn susu cair hingga air rhabarber mencapai volume 250 ml.


Panaskan oven pada suhu 175 C.  Panggang pie yang berisi rhabarber selama 20 menit.


Sementara itu bisa mempersiapkan bahan isian Pie


6 sdm air rhabarber, 3 buah telur, 1 sdm tepung terigu dan puddingpulver dicampur dalam mangkuk besar.  Sisa air rhabarber, schlagsahne dan 60 g butter dimasak hingga mendidih.   Tuang sedikit cairan panas tersebut ke dalam mangkuk berisi campuran telur-pudding sambil diaduk rata.  Tuang kembali telur-pudding ke dalam cairan panas sambil diaduk rata.  Didihkan sebentar adonan pudding dalam kompor, segera angkat.


Setelah pie berisi rhabarber dipanggang selama 20 menit, tuangkan adonan pudding kedalam loyang tersebut.  Panggang lagi pie selama 20 hingga 30 menit.  Catatan:  jika adoan pie turun setelah dipanggang, tinggikan kembali menggunkan punggung sendok makan, baru tuang dengan adonan pudding


Dinginkan pie dan siap dinikmati


Sepotong pie rhabarber


Berikut Video Proses Pembuatan Pie Rhabarber


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar