» » Schwarz-Weiβ-Kuchen mit Äpfel

Kue hitam putih dengan buah apel


Schwarz-Weiβ-Kuchen mit Äpfel kalau diterjemahkan berarti kue hitam putih dengan buah apel.  Kue ini ingin dicoba karena unik, ada unsur buah-buahan juga penampilan sederhana tapi menarik.


Ingin "ngrasani" (menggosip) tentang kue-kue orang Jerman.  Orang Jerman terkenal hemat dan rinci dalam setiap pekerjaan.  Hemat ini terlihat juga dari cara mereka membuat kue.  Sebagai contoh, jumlah telur yang digunakan dalam kue-kue umumnya hanya 2 hingga 6 buah. Telur-telur tersebut dipakai baik putih dan kuningnnya.  Jarang mereka membuat kue dengan sengaja menyisihkan putih telur.


Kue-kue orang Jerman sering menggunakan buah-buahan setempat.  Buah-buahan kue ini dipakai justru buah yang masam.  Buah yang enak dimakan langsung sebagai pencuci mulut sedangkan buah-buahan yang masam digunakan untuk membuat kue.  Misalkan untuk membuat pie apel (tarte-bahasa perancis) menyaranan menggunakan buah apel Boscop yang berasa masam.  Apapun jenis buah-buahan yang ada digunakan untuk membuat kue: buah semak (beeren) johanisbeeren, himbereen, erdbeeren; orange; zitrone; zwetgen; pfirsich; plaumen; anggur; apel; pir; aprikosen; cery, pisang cavendish dll.


Yang jelas buah tropis adalah buah surga yang sangat dihargai.  Seperti misalnya mereka menggunakan buah belimbing sebagai hiasan topping untuk menandakan keeklusifan kue tersebut.  Mereka menghargai kelapa, padahal kelapa yang ada disana hanya kelapa tua yang sudah kering atau kelapa awetan yang sudah diparut.  Kelapa kering ini digunakan sebagai topping cake.  Justru luar biasa jika kita yang orang  tropis menggunakan buah kelapa muda sebagai topping cake yang eksklusif.  Rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh juga digunakan untuk bumbu kue, terutama kue-kue natal mereka.


Kadang terfikir, kenapa tidak bangga dengan buah dan kekayaan alam sendiri.  Orang eropa saja mengagung-agungkan buah-buahan tropis yang beragam jenisnya.  Harusnya kita lebih menghargai buah sendiri.  Sepertinya luar biasa hebat jika kue-kue diberi buah import seperti kiwi, anggur, dll.  Yup tidak usah menyalahkan siapapun.  Mari mulai dari sekarang,dari diri sendiri untuk mencintai kekayaan alam milik bangsa sendiri.  Mulai menjadikan buah-buahan tropis nangka, mangga, pisang, rambutan, kelapa, dll sebagai sesuatu yang ekslusif dan membanggakan...


Mari paradigma dibalik, seperti misalnya harus bersyukur bisa menikmati buah pisang yang beraneka ragam.  Orang-orang eropa itu hanya makan satu jenis pisang, cavendish.  Jangan kebalik, sepertinya  luar biasa kalau sudah makan pisang cavendish....


Mari bangga menjadi diri sendiri


salah satu tahap pembuatan cake


Resep Kue Hitam Putih dengan Buah Apel diambil dari buku: Backen Die groβe Schule für Anfänger und fortgeschrittene

Bahan-bahan yang diperlukan, untuk 16 potong

  1. 125 g butter suhu ruang (bisa digunakan mentega)
  2. 125 g gula putih
  3. 1 bungkus gula vanili
  4. 1 jumput garam
  5. 2 buah telur 
  6. 250 g tepung terigu
  7. 1/2 bungkus backpulver (bahan pengembang)
  8. 70 ml susu cair
  9. 10 g (1 sdm) coklat bubuk
  10. 750 g buah apel
  11. 2-3 sdm air zitrone (bisa juga jeruk nipis)
  12. 4 sdm Hagelzucker (sebagai hiasan pemanis, tidak terlalu penting)
  13. 3 sdm selai buah Aprikosen (sebagai bahan pelengket gula Hagelzucker, tidak penting)

Cara Membuat
#  Loyang dengan diameter 26 cm, diolesi dengan mentega kemudian ditaburi dengan tepung panir.  Butter, gula, vanili, garam dimikser hingga lembut dan berwarna pucat.  Telur dimasukkan satu persatu kemudian dimikser hingga lembut.  Campurkan tepung terigu dengan backpulver.  Masukkan tepung bergantian dengan susu cair ke dalam adonan telur dkk.


#  Masukkan 2/3 adonan tepung ke dalam loyang panggang.  Masukkan coklat bubuk, 1 sdm cucu cair ke dalam sisa adonan tepung, aduk rata.  Tuang adonan coklat ke atas adonan putih.  Putar-putar adonan coklat menggunakan garpu.


#  Buah apel dikupas, belah menjadi dua bagian, buang bagian bijinya.  Iris tipis-tipis apel tersebut.  Siram buah apel dengan air jeruk zitrone.  Tata buah apel di atas adonan tepung dengan bagian punggung di atas.  Taburi kue dengan 2 sdm gula Hagelzucker.


#  Panggang kue dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 175 C selama 40 hingga 50 menit.


#  Angkat kue, selagi panas olesi dengan selai aprikosen kemudian taburi lagi dengan gula hagelzucker.


Salah satu tahap pembuatan cake



Kata buku ini kue "lässt sich prima einfrieren" atau kue akan menjadi lebih enak jika dibiarkan.  Nah itu, seberapa lama membiarkan kue ini, 1, 2, 3, 4 harikah?  Waktu itu pernah ngobrol sama mbak Agit Joop kalau kue pisangnya lebih enak jika dibiarkan di suhu ruang setelah 3 hari.....Ayo kita coba buktikan!


Barikut video pembuatan kue hitam putih dengan buah apel





«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar