» » Sushi

buku tentang sushi

Perpus kota Goettingen memang luarrrr biasa...cari buku masak apa saja ketemu!  Resep bikin tahu ada.  Resep masakan menggunakan tempe ada, tapi ya itu ala orang "londho", membuat pizza, kue-kuean, semua ada .....dari literatur tua sampai buku keluaran terbaru...


Waktu itu iseng beli nori (kulit hitam pembungkus sushi) di toko Asia.  Tidak tahu cara membuat sushi, akhirnya nori diam begitu saja di dapur.  Kebetulan saat memilih-milih buku di perpus, berjumpa dengan buku tentang membuat sushi.  Ingin mempraktekkan seperti apa sih rasa sushi.  Bahan-bahan pelengkap sushi mulai dibeli yaitu vinegar atau cuka jepang dan nasi khusus untuk sushi.  Resep yang ingin dipraktekkan, dipilih yang paling mudah.  Sushi ditengahnya diisi dengan mayonese, surimi dan alpukat.  Setelah difikir-fikir 'dalaman' tersebut kurang disukai orang rumah.  Akhirnya biar sesuai lidah, mayonese dkk diganti dengan abon sapi.  Lha ini sih bukan sushi tapi lemper heheheheh.....



cuka atau vinegar sushi beli di supermarket Real


Kalau disuruh berkomentar, tidak mau untuk mencoba membuat sushi lagi.  Sekeluarga tidak suka dengan rasa nori.  Nori itu agak barbau amis-amis campuran ganggang dan ikan barangkali...  Yah..paling tidak cukup menjawab rasa penasaran....  Waktu itu juga pernah mencicip sushi beli, rasanya juga agak kurang pas di lidah.


Saat mencoba sushi ini ada salah prosedur.  Saya mengikuti petunjuk membuat nasi sushi dari bungkus beras.  Ternyata petunjuk di bungkus tersebut salah, air terlalu banyak sehingga nasi sushi kelembekan seperti bubur.  Resep membuat nasi sushi yang betul yang sesuai buku.


Berikut cara memasak nasi sushi sesuai dengan resep buku
  1. 175 g beras susi dicuci bersih, hingga air cucian beras bening
  2. Masak beras dengan 250 ml air, biarkan beras dalam air mendidih selama 2 menit.  Angkat beras dari kompor, tutup panci, kemudian biarkan selama 10 menit.
  3. Buka tutup panci, biarkan 10 menit lagi.  Diantara waktu menunggu tersebut, campur di wadah: 1 sdt garam, 1 sdt gula, 2 sdm cuka sushi.  Panaskan larutan tersebut hingga gula dan garam larut.
  4. Tuang nasi sushi ke dalam baskom.  Masukkan larutan cuka sambil diratakan dengan sumpit.  Nasi sushi yang dihasilkan sekitar 450 g.


Beras khusus untuk sushi,bulir beras bulat-bulat


Bahan untuk isian Sushi
  1. 60 g surimi (4 batang) belah menjadi dua memanjang
  2. timun, buang isinya, kemudian potong balok memanjang 10 cm
  3. 1/2 buah alpukat, potong bentuk balok memanjang, taburi dengan 1 sdt air jeruk.
  4. 1 sdm mayonese
  5. Nasi sushi yang sudah dipersiapkan sebelumnya


Cara membungkus sushi seperti digambarkan dalam buku, sebagai berikut
pa
tahapan membungkus sushi

Dalam buku tersebut dijelaskan nori dipotong menjadi dua bagian.  Bagian yang licin diletakkan di bawah, kemudian diberi nasi sushi secara merata.  Permukaan nasi sebelah pinggir dioles sedikit mayonese kemudian tata alpukat, timun dan surimi.  Gulung sushi kemudian potong-potong.


Tidak mempunyai bambu untuk membuat bulat sushi.  Ternyata tanpa bambu, menggulung sushi hanya menggunakan setengah lembar nori, sangat sulit.  Nasi sushi keluar kemana-mana.  Akhirnya nori yang dipakai satu lembar...

Satu lembar nori, diberi nasi sushi kemudian isian tidak surimi dkk tetapi abon sapi

Sushi abon sapi atau sushi 'ngarang'....


Sushi.....


Catatan iseng membuat sushi 16 Juni 2013....  Sepertinya tidak mau lagi bikin sushi .......

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

3 komentar:

  1. Assalamualaikum... Usul Mba...Coba norinya diganti dengan dadar kulit risoles,nasi bisa menggunakan nasi biasa, sekitar dua sendok agak ditekan bentuk panjang, dibungkus seperti risoles.. Isian bisa menggunakan sosis goreng atau bakar... Tambah potongan wortel panjang... Jadinya buka sushi sih...tapi bisa buat bekal anak-anak sekolah...Hafiz bisa habiskan 4-5 buah sekali makan.

    BalasHapus
  2. Waalikum salam mbak Sari....Terima kasih banyak sarannya, insyaallah nanti dipraktekkan...

    BalasHapus
  3. Asik akhirnya nemu juga resep ini, gara2 nyobain di mangkok ramen di permata cimahi... jadi pengen bikin sendiri... di bookmark dulu deh... thanks min

    BalasHapus