» » » » Kulit Fruhlingroll atau lumpia homemade

Kulit lumpia homemade

Percobaan tanggal 19 Juli 2013


Resep ini di ambil dari buku tulisan Michel Roux dengan judul Filoteig.  Saat mencoba membuat kulit lumpia homemade ini hanya setengah porsi karena takut kebanyakan. Penasaran ingin mencoba membuat kulit lumpia yang bisa tipis dan bagus seperti dijual di toko Asia...


Bahan yang diperlukan (1 porsi)

400 g tepung terigu
6 g garam
330 air suhu 50 C (cara mengetahu suhu 50C jika tidak punya thermometer, ujung jari dimasukkan ke dalam air, jika ujung jari masih tahan beberapa saat dalam air berarti suhu sudah tepat)
30 ml minyak olive (menggunakan minyak goreng biasa)
Tepung maizena untuk membantu menipiskan adonan


Cara membuat

@ Tepung terigu, garam dalam air 50 C dengan mikser bermata S diuleni hingga tercampur rata.  Segera setelah tercampur rata masukkan minyak.  Mikser adonan selama 3-4 menit.  Jika ada adonan menempel di dinding baskom, matikan mikser kemudian ambil dan campurkan dengan adonan yang lainnya.


@ Adonan tepung diletakkan pada meja kerja.  Bagi adonan menjadi 13 bagian masing-masing 60 g.  Bulatkan adonan, letakkan dalam loyang yang sudah ditaburi dengan tepung maizena.  Antar adonan diberikan jarak atau tidak menempel satu dengan yang lainnya.  Tutup loyang dengan plastik wrapping, kemudian biarkan dalam suhu 14 C selama 2 jam.   Waktu itu adonan dibiarkan saja dalam suhu ruang.


@ Meja kerja ditaburi dengan tepung maizena, kemudian bulatan adonan di pipihkan dengan roller kayu selebar 14-16 cm.  Adonan ini kemudian dipipihkan lagi hingga berukuran 60 x 60 cm.  Adonan harus selalu diberikan tepung maizena dengan merata.  Adona ini dipipihkan hingga berukun 0,5 mm.  Segera tutup adonan dengan serbet lembab karena mudah kering


Adonan tepung dipipihkan diameter 14-16 cm


Adonan tepung belum sampai ukuran 60 X 60 cm sudah sobek di mana-mana

Pada prakteknya menipiskan adona hingga 60 x 60 cm hal yang luar biasa susah, bolong-bolong dsb.  Akhirnya adona tepung yang sudah dipipihkan 14-16 cm, dipotong menjadi 6 bagian.  Masing-masing bagian dipipihkan semampunya kemudian diisi dengkan isian lumpia.  Lumpia ini kemudian digoreng hingga  kecoklatan.


Adonan tepung dipotong kecil kemudian dipipihkan semampunya


Tampilan lumpia berantakan tapi resep kulit ini sangat enak dan renyah....rekomen banget untuk dicoba bagi yang punya banyak waktu seperti saya.


Dengan kata lain, "yen demen ribet yo monggo dicoba" hehehehe

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar