» » » » Salted Caramel Pudding

Percobaan tanggal 25 Juli 2013

salted caremel pudding from Cynthia balcomi book 2013


Resep kedua yang ingin dicoba dari buku tulisan Cynthia Balcomi adalah pudding caramel.  Sepertinya enak juga pudding caramel ini untuk buka puasa nanti jam 21.25 menit.  Wah…puasa di musim panas luar biasa tantangannya, puasa selama kurleb 18 jam….kalau diambil rata-rata sahur jam 3 pagi buka jam 21.30 malam.


Pudding caramel ini untuk 6 porsi.


Bahan yang dibutuhkan

3 buah kuning telur
750 ml susu cair
30 g tepung maizena
150 g gula pasir (menggunakan gula bentuk dadu, dari buku yang pernah dibaca sebelumnya gula dadu ini bagus untuk dibuat caramel)
45 g butter suhu ruang, potong dadu
1 1/2 sdt vanilleekstrak (tidak pakai)
½ sdt garam
Hiasan: wheap cream (schlagsahne), saus caramel atau tidak digunakan


Cara Membuat

## Kuning telur dan 100 ml susu cair dikocok menggunakan schnee bessen atau pengocok bentuk kembang.  Tepung maizena dan 100 ml susu cair  diaduk hingga larut dalam wadah lainnya.


## Gula di taruh dalam wadah steinlesstell kemudian dipanaskan hingga leleh dan menjadi caramel.  Jika caramel sudah setengah cokat, segera angkat dari kompor


## Perlahan-lahan sisa susu di masukkan ke dalam kamarel ini.  Hati-hati karena saat dituang susu cair, caramel meletup.  Jika caramel keras, panaskan susu_karamel ini dalam api sedang.  Karamel yang keras akan mencair kembali.  Gula dadu yang digunakan dalam percobaan ini tidak menjadi keras saat menjadi karamel.  Saat susu dituang langsung larut tercampur rata.


## Maizena cair perlahan-lahan dimasukkan ke dalam adonan pudding.  Masak pudding hingga mendidih kira-kira 2 menit.  Kecilkan api kompor, karena adonan pudding meletub-letub.


##  5 sdm pudding panas dimasukkan ke dalam campuran telur dan susu.  Aduk rata kemudian segera masukkan ke dalam adonan pudding.   Puding kemudian dipanaskan kembali hingga menjelang mendidih (tidak boleh sampai mendidih).  Angkat dari kompor.


salted caramel pudding yang baru matang



##  Masukkan butter, vanile ekstrak, dan garam kemudian aduk rata.  Tuang pudding ke dalam 6 buah gelas atau mangkuk kecil.  Segera tutup pudding menggunakan plastik wrapping agar tidak terbentuk gelembung.  Dinginkan kemudian simpan dalam lemari es minimal 2 jam sebelum dihidangkan….


Segera tutup gelas dengan plastik wrapping agar tidak terbentuk gelembung


pudding karamel untuk buka puasa

KOMENTAR RASA

Puding lembut saat di mulut
Ada rasa manis karamel dan juga sedikit pahit
Rasa sedikit pahit ini mungkin karena kesalahan prosedur, karamel terlalu berwarna coklat
Secara keseluruhan, disaat perut lapar buka puasa....apa saja enak....

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar