» » » » » Kue Bawang

Kue bawang

Resep kue bawang ini didapat dari hasil googling beberapa waktu yang lalu.  Berbagai bahan-bahan dasar untuk membuat kue bawang dari berbagai sumber ditulis dengan cepat sehingga lupa menuliskan alamat sumber resep.

Resep kue bawang ini dilakukan modifikasi sehingga rasa menjadi lebih lezat dan renyah saat digigit.


Bahan yang diperlukan

400 g tepung terigu
100 g tepung tapioka
50 g butter lelehkan (bisa diganti margarine)
75 g bawang goreng*
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1/4 sdt bumbu kaldu bubuk
1 butir telur
1 sdm schnitlauch (daun kucai kering)**
kuah bumbu ayam goreng/kuah opor secukupnya***


Keterangan
*Resep asli tidak menggunakan 75 g bawang goreng tapi 125 g bawang merah yang dihaluskan.  Bawang goreng yang dipakai dalam membuat kue bawang ini, bawang goreng beli.  Bawang goreng ini berupa bawang bombai dicampur dengan tepung yang digoreng kering.  Modifikasi ini dilakukan karena keterbatasan, bawang merah seperti yang diresepkan hanya dijual di toko Asia dengan harga selangit.


** Resep asli tidak menggunakan daun kucai kering tapi daun seledari.  Pilihan saja, mana yang ada bahannya di dapur itu yang bisa dipakai


***Kunci lezat kue bawang ini ada di kuah bumbu ayam goreng atau kuah opor.  Resep asli hanya menggunakan air biasa.  Saat membuat ayam goreng, ayam berbumbu di rebus hingga matang baru digoreng.  Kuah berbumbu ini jangan buru-buru dibuang.  Kuah ini disimpan dalam freezer kemudian bisa digunakan untuk membuat kue bawang.  Kuah ini enak apalagi bumbu yang digunakan hasil menumbuk dengan tangan bukan dengan blender.  Bumbu yang ditumbuk dengan tangan lebih keluar aroma bumbunya.



Cara Membuat Kue Bawang




Keluarkan kuah bumbu ayam beku dari freezer.  Tunggu kuah ini setengah mencair dan setengahnya masih beku.


Campur dalam baskom: tepung terigu, tepung tapioka, telur, garam, butter leleh, daun kucai kering, bawang goreng, garam, bawang putih tumbuk halus.


Masukkan kuah ayam setengah beku tersebut, kemudian uleni sampai kalis.  Suhu dingin ini membuat adonan setelah digoreng menjadi renyah.


Uleni tepung hingga benar-benar kalis.  Cara menguleni dengan cara mendorong ke depan adonan tepung.  Lakukan terus hingga benar-benar kalis.


Tutup adonan tepung dengan plastik wrapping.  Biarkan dalam suhu ruang selama 1 hingga 2 jam.


Pipihkan adonan tepung dengan roller kayu pada meja kerja yang ditaburi dengan sedikit tepung terigu. Bisa juga adonan tepung dipipihkan dengan alat pembuat mie.  Potong kecil adonan tepung tipis tersebut.  Goreng kue bawang dengan minyak dalam api sedang hingga coklat keemasan.  Menggoreng kue bawang, sambil bekerja memipihkan dan memotong kecil-kecil.


Kue bawang yang renyah dan lezat


kue bawang...





«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar