» » Pastel Mini Isi Abon

Pastel mini yang belum di goreng


"Pastel mini yang tidak sabar", celetuk mbak Winda.  Hehehehe betul sekali, di resep ditulis dicetak dengan tutup botol, tapi lha kapan selesainya?  Waktu sudah siang dan harus mengantar Ahsan ke kindergarten Christophorus haus, jadi ya di cetak bulat dengan diameter 5 cm.

Pastel diisi dengan abon, abon buatan sendiri.  Kebetulan ada rendang dan empal yang tidak habis di makan.  Rendang dan empal ini diblender kemudian dibumbui lagi dengan bawang putih, bawang merah, gula merah, asam jawa, garam dan kelapa parut yang disangrai.

Resep pastel mini diambil dari postingan ibu Siswaty Taty di dapurmasak.com

Bahan yang Diperlukan

Tepung terigu 300 g
Telur kocok lepas 1 butir
Mentega 100 g
Tapioka 1 sdm
Garam 1/2 sdt

Abon 200 g


Minyak untuk menggoreng 1 l

Cara Membuat

Campur semua bahan
Giling adonan dengan gilingan mie (ampia)
Tipiskan adonan di nomor 2
Cetak dengan tutup botol
Setelah dicetak tipiskan lagi dengan tangan
Isi dengan abon, lipat, tekan pinggirnya, pelintir
Panaskan minyak goreng
Goreng hingga kecoklatan


Catatan


Adonan dari resep tersebut pecah, tidak bisa dipipihkan.  Kemungkinan karena beda di tepung terigu dan digunakan butter bukan margarine.  Butter mungkin konsistensi lebih kering tidak seperti margarine.

Dulu juga pernah mencoba resep teman dari Indonesia, resep kulit risoles.  Kulit risoles teman bagus, sedangkan kulit risoles saya rusak, adonan terlalu kental.  Sepertinya tepung terigu di Jerman ini berbeda dengan tepung terigu dari Indonesia.  

Karena adonan pecah, akhirnya ditambah 1 sdm minyak goreng.  Penambahan minyak goreng ini pengalaman saat membuat mie, agar tidak lengket ke mesin penggiling mie (ampia) maka ditambah lah minyak goreng.  Ternyata adonan masih tetap pecah, akhirnya telur ditambah hingga 3 buah.  Baru adonan bisa kalis dan tidak pecah saat digiling di ampia.

Adonan, selalu tutup dengan serbet agar tidak mudah kering




Adonan sangat kalis, sehingga bisa ditipiskan sampai nomor 4.  Adonan cukup di potong dengan cetakan bulat diameter 5 cm, tidak usah ditipiskan lagi karena sudah sangat tipis.  Isi dengan abon, di tekan pinggirnya kuat-kuat agar tidak lepas, kemudian dibuat keriting atau di bentuk seperti tortelini.  


Bentuk tortelini lebih mudah dan menghemat waktu, karena hari sudah siang dan harus mempersiapkan dan mengantar Ahsan TK.


Adonan dicetak dengan ring  diameter 5 cm lalu isi dengan abon


Tekan pinggiran pastel dengan kuat agar tengah menggelembung bagus dan mudah di buat keriting

cara membuat keriting: tekuk lalu tekan, tekuk lalu tekan, dst sampai selesai

Bentuk tortelini lebih mudah dan cepat, tinggal angkat pinggiran pastel, satukan ujungnya...jadi

Pastel mini tidak sabar yang sudah digoreng

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar