» » » » » » Donat Kentang

2 Februari 2014





Mencatat membuat donat kentang.  Resep donat dari postingan mbak Ewi Nerni di jejaring sosial berbagi resep Dapurmasak.com.  Donat kentang ingin dicoba karena perbandingan kentang dan tepung terigunya saya suka, 400 g tepung terigu dan 250 g kentang kukus.


Saat membuat donat ini sambil membuat lauk ayam, resep makanan china, sauteed chicken.  Si ayam hanya butuh putih telurnya saja.  Kuning telur yang tersisa iseng dimasukkan ke dalam adonan donat.  Donat juga ditambahkan 100 ml air dingin.  Saya mendinginkan 150 ml air...ehh kok ya iseng semua air tak masukin semua ke dalam adonan donat.  Walhasil adonan kelembekan.  Adonan dikeluarkan dari baskom kemudian diuleni super ektra (sampai tangan pegel).  Walah kok ya lembek dan lengket terus.  Ditambah tepung, tetep saja lengket.  Ya sudah.  Diakhiri saja pacarannya eh...diuleninya. Bodo amat.  Mau gagal mau enggak.  Lha wong dimakan sendiri ini.  Adonan tepung diselubungi tepung biar bisa dipotong-potong kecil dan dibentuk menjadi donat.



Setelah digoreng..yes..donat empuk.  Seperti pengalaman membuat roti-rotian.  Adonan yang diuleni super ekstra menghasilkan roti yang empuk.  Demikian juga donat ini.  Tadi adonan diuleni super ekstra sehingga donat bisa empuk bangets... Thanks to guru senam, angkat barbel 2 kg tiap sore tidak sia-sia....


Berikut bahan dan cara membuat Donat Kentang


Bahan Yang Diperlukan

400 g tepung terigu protein tinggi
6 g ragi (1/2 balok ragi segar Dr Oetker dikurangi dikit)
50 g gula pasir
15 g susu bubuk (tidak pakai)
1/2 sdt baking powder (1/4 sdt baking powder)
250 g kentang kukus
1 buah telur ayam
100 ml air es
35 g margarine (50 g butter)
1 sdt garam (satu jumput garam)
100 g gula bubuk



Cara Membuat


1.  Campur terigu, ragi, gula pasir, baking powder.  Aduk rata


2. Tambahkan kentang kukus yang sudah ditumbuk halus.  Aduk rata.

3.  Masukkan telur dan air es, sedikit demi sedikit sambil diuleni.


4. Masukkan margarine dan garam.  Uleni sampai elastis.  catatan sebaiknya menguleni di atas meja kerja, biar leluasa bergerak.  Diamkan adonan 15 menit.


5. Kempiskan adonan, potong-potong kecil sesuai ukuran yang diinginkan.  Bulatkan.  Diamkan 10 menit.


6. Adonan kecil dibuat bentuk donat.  Diamkan 35 menit.


7. Goreng donat dalam minyak panas, api sedang sampai kecoklatan dan matang.  Tiriskan di tissue dapur.  Taburi donat dengan gula bubuk.  



Donat kentang siap digoreng




Donat kentang yang empukkkkkk...dan lecker...


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar