» » » Milchreis

18 Maret 2014

Saat SMP dulu pernah baca Intisari, cara-cara berbagai bangsa menikmati nasi.  Salah satunya nasi dimakan dengan susu.  Dalam hati kok aneh ya nasi dimakan dengan susu.  Ternyata saat bisa tinggal di negeri orang lain, benar kata Intisari.  


Milchreis (jerman) jika diterjemahkan berarti nasi susu.  Nasi susu ini selalu dijumpai di setiap supermarket yang ada di Jerman.  Biasanya nasi susu dikemas dalam wadah plastik berbentuk mangkuk kecil, diletakkan di lemari pendingin.  Ada berbagai jenis nasi susu: rasa original, nasi susu yang diatasnya diberi saus cokelat, nasi susu yang diberi kayu manis, nasi susu dengan saus buah.


Suka dengan nasi susu ini.  Suka dengan nasi susu produk supermarket Real dan Penny terutama milchreis saus cokelat.


Beras untuk membuat milchreis khusus, buliran beras bulat, dijual paket 500 g di setiap supermarket, harga kurleb 55 cent.  Banyak teman-teman membeli beras ini untuk nasi sehari-hari.  Rasa nasi biasa saja seperti nasi pada umumnya.  Beras milchreis tentu saja lebih murah dibandingkan beras import dari Thailand.  Beras milchreis juga digunakan untuk resep risotto.


Beras milchreis bentuk bulat


Pinjam buku memasak untuk anak-anak.  Ada resep milchreis, jadi dicoba.  Ternyata membuat milchreis seperti membuat bubur nasi.  Bedanya, bubur ibu menggunakan santan sedangkan buburnya orang Jerman menggunakan susu.  Waktu sakit dulu, sering dibuatkan bubur sama ibu.  Enak banget, anget-anget, empuk tidak usah mengunyah.  Maksud hati, ingin membuatkan bubur hangat untuk Ahsan yang sedang demam.  Ehh...saat disuapin bubur tidak mau.  Lagian kan sudah tahu Ahsan tidak pernah makan nasi.  Kok ya berniat baik membuatkan bubur.  Yah sudah..buat ibunya saja... Asik asik menambah berat badan.....


Milchreis

resep dari buku:
Steffensmeier A. 2009. Kochen und Backen mit Lieselotte. Patmos Verlag: Duesseldorf.


Bahan yang diperlukan

125 g beras milchreis
1 jumput garam
1 sdm gula pasir (gula pasir vanili homemade)
500 ml susu cair
1/2 batang buah vanili (tidak pakai)


Cara membuat

1.  Masukkan dalam panci: susu cair, gula, garam, buah vanili.  Masak hingga susu mendidih.  Turunkan suhu kompor, lalu masukkan beras.

2.  Masak beras dengan api kecil selama 25-30 menit.  Aduk-aduk bubur agar tidak gosong.  Setelah matang keluarkan buah vanili.  Milchreis enak disajikan hangat atau dingin.


bahan milchreis



Milchreis matang disantap dengan selai jeruk homemade



***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar