» » » Telur Asin Buatan Sendiri




18 Maret 2014


Saat tinggal di Siantar dulu pernah membuat telur asin.  Gara-gara kangen pengen makan telur asin sendiri.  Telur asin di Siantar tidak populer atau malah tidak ada yang jual.  Jadi ya harus buat sendiri kalau pengen.  Kebetulan pasangan suami istri Ucok dan Lis yang kerja di rumah memelihara bebek.  Sering beli 10 atau 20 telur untuk dibuat telur asin.  


Cara yang dicoba dulu, setelah telur dicuci bersih, lalu direndam dalam air garam selama 2 -3 minggu.  Cara membuat air garam.  Perbandingan air dan garam dulu hanya main kira-kira, kira-kira garamnya berkonsentrasi sangat pekat.  Air dan garam direbus hingga mendidih.  Setelah dingin masukkan telur bebek.  Tutup wadah lalu simpan selama 2-3 minggu. 


Walaupun garam sudah dididihkan, masih ada garam yang tidak larut.  Tapi garam yang tidak larut ini tidak berpengaruh ke telur.  Telur bebek tetap bisa asin.  Jika telur disimpan 2 minggu, hanya bagian putihnya saja yang terasa asin.  Sedangkan jika telur disimpan 3 minggu, baik bagian putih dan kuningnya berasa asin.



Garam yang sudah dipakai untuk membuat telur asin, jangan dibuang.  Garam masih bisa digunakan untuk membuat telur asin tahap kedua dan selanjutnya.


Teman di dapurmasak.com membuat telur asin dengan metode yang pernah dicoba dulu, mbak Sherly Primpuna.  Melihat telur asin jadi ingin juga membuat lagi.  Hanya saja mbak Sherly menambahkan pewarna biru agar telur asin penampilannya mirip di tanah air.  Dirumah ada pewarna makanan biru dalam bentuk tube merk Dr Oetker.  Pewarna tersebut bisa membuat biru air garam tapi sayang tidak bisa mewarnai kulit telur.  Tanya pewarna ke mbak Sherly, beliau menggunakan pewarna makanan merk Wilton, beli online di Amazon.


Berikut Resep Membuat Telur Asin

20 butir telur ayam warna putih
1 kg garam
2 liter air hangat (menggunakan air mendidih)
4 tetes pewarna makanan Wilton 


1. Tuang air hangat dalam wadah, tuang garam, aduk hingga garam larut.  Dinginkan.

catatan:
Air yang digunakan air mendidih, lalu garam dilarutkan.  Seperti saat mencoba membuat telur asin di Siantar dulu, garam pun tidak bisa larut sempurna ke dalam air.  Masih ada endapan garam tidak larut dibawah wadah.


2. Masukkan telur yang sudah dicuci bersih.  Simpan selama 2-3 minggu.  Satu sekali telur dibalik posisinya.


3.  Rebus telur asin selama 25 - 30 menit.  Telur asin siap disajikan.


Hasil Telur Asin

Telur asin dari ayam enak.  Menyimpan telur asin hanya 2 minggu. Asin hanya di bagian putih telur sedangkan kuning telur tidak asin.



Telur dalam larutan air garam


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar