» » » Ayam Goreng Lengkuas

10 Juli 2014

Horeee sudah bisa menggunakan bumbu rempah Indonesia dengan leluasa.  Resep ayam goreng yang sudah lama diincar untuk dicoba.  Akhirnya kesampaian juga...  Lengkuas bumbu utama ayam goreng dengan mudah dijumpai dan harga sangat terjangkau...


Resep ayam goreng lengkuas diambil dari posting teman di DM, mbak Maria Nita, tapi dengan takaran bumbu berbeda sedikit.

Ayam goreng yang jempolan.  Patut untuk dicoba.  Lengkuas parut ternyata mempunyai rasa enak, tidak pahit dan tidak berbau seperti jamu. 






Ayam Goreng Lengkuas

Bahan yang diperlukan


500 g daging ayam
4 buah tahu

9 cm lengkuas atau 3 ruas anakan


2 cm jahe
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
2 butir kemiri
2 cm kunyit
2 lembar salam
4 sdt garam


air secukupnya
minyak untuk menggoreng secukupnya



Cara membuat


1.  Potong ayam dengan besar sesuai selera lalu cuci bersih

2. Parut lengkuas.  

3. Tumbuk halus: jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, daun salam, garam.   Tumis bumbu halus dan lengkuas parut.

4.  Masukkan ayam, tumis sebentar.  Tambahkan air sedikit saja kira-kira ayam terendam.  Masak hingga agak matang, masukkan tahu.  Masak hingga air agak habis.

5. Goreng ayam dan tahu hingga kecoklatan.



lengkuas parut


Catatan:
Untuk membumbui ayam gorenga, garam yang digunakan tergolong banyak.  Kemarin menggunakan 4 sdt garam Refina.  Tujuannya agar rasa asin garam meresap ke dalam daging ayam.  Nanti setelah dinikmati dengan nasi, rasa ayam goreng pas asinnya.

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar