» » » Rujak Degan Jepara

Rujak Degan (kelapa muda)

8 Juli 2014

Bisa menulis kembali di blog.  Saat ini menulis menggunakan modem khusus internet dari Three.  Kecepatan internet lumayan bagus.  Tapi memang tidak bisa dibandingkan dengan kecepatan internet Jerman.  "Hayok PR nich untuk bapak menteri Menkoninfo agar internet cepat dan bermanfaat".  Harga internet di Indonesia pun boleh dibilang lebih mahal dibanding Jerman.  Kemarin mencoba menggunakan modem dari hp, luar biasa lambat dan susah jaringan internetnya.


Di rumah ibu desa Sekura kabupaten Jepara.  Senang, waktu seakan terbang kembali ke masa kecil.  Pagi hari sebelum berangkat sekolah diwajibkan sarapan oleh bapak.  Mengulang pelajaran sekolah sambil naik pohon belimbing. Menyapu lantai dan halaman rumah yang luas dll.


Buka puasa yang sering disajikan di rumah adalah buka dengan kelapa muda atau degan.  Degan hasil memetik dari halaman.  Degan diberi pemanis sirup khas daerah Jepara dan sekitarnya, sirup merk Agung.  Rasa sirup ini khas yang tidak bisa tergantikan rasanya dengan sirup nasional seperti ABC, Marjan atau merk lain.


Resep rujak degan

1 buah kelapa muda
200 g cao atau cincau
sirup Agung secukupnya
1 jumput garam
300 g nata de coco (pilihan)


Cara membuat

Kerik kelapa muda dengan tutup botol sirup atau tutup kecap
Masukkan air matang, nata de coco, cincau, garam dan sirup Agung secukupnya.

#

Lain lubuk lain ikannya.  Bersyukur banyak berpetualang atau pernah bermukim di daerah lain.  Bisa menghayati betapa banyak kekhasan daerah di jumpai di negeri ini.  Menghargai dan bangga dengan masing-masing kekhasan daerah tersebut, termasuk rujak degan dari daerah Jepara Jateng ini...

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar