» » » Very Very Economics Kastangel

17 Juli 2014

Judul yang sok-sok an di inggriskan.  Maksud "very-very econimics Kastangel"  adalah membuat kastangel dengan bahan paling hemat, tidak ada yang tersisa dan semoga enak.

Sebelum membuat kastangel melihat dan mencatat 3 buah resep, dibandingkan dan dipelajari.  Ketiga resep tersebut dengan komposisi margarine, tepung, keju yang wah atau hampir 1:1:1.  Keju sekarang sudah menjadi barang lux, mahal dan susah didapat.  Mencoba membuat resep kastangel sendiri, dengan takaran hemat sebagai berikut:



VVE Kastangel



Very-Very Economics Kastangel (VVE Kastangel)

Bahan yang dibutuhkan


300 g tepung terigu (segita serbaguna premium)
180 g margarine
180 g keju (menggunakan Gauda)
2 buah kuning telur
3 sdm gula pasir
1 saset gula vanili

Putih telur untuk mengolesi kastangel
Gula pasir untul taburan di atas kastangel.


Cara Membuat

1.  Parut keju Gauda batang.

2.  Kuning telur, margarine, gula pasir, gula vanili dimikser hingga lembut dan tercampur rata.  Masukkan tepung terigu, keju lalu mikser hingga tercampur.  Ratakan adonan dengan tangan sebentar.

3.  Bentuk adonan menjadi 2 buah segi empat.  Potong-potong memanjang kemudian potong memendek.

4.  Kocok lepas putih telur yang tersisa dengan garpu.  Oleskan putih telur kemudian taburi permukaan kastangel dengan sedikit gula pasir.  Alasi loyang dengan kertas roti lalu tata kastangel.

5. Oven yang digunakan oven "tangkring".  Panaskan oven dengan api dibawah sedang.  Maksudnya api sedang yang dikurangi sedikit besarnya.  Panggang loyang selama 20 menit.  Atau cek hingga permukaan bawah kastangel kecoklatan.



Bentuk segiempat besar lalu potong persegi kecil

Catatan

Penampilan kastangel lebih cantik jika diolesi kuning telur.  Lebih menarik lagi jika ditambahkan keju parut.  Karena hanya diolesi dengan putih telur jadi VVE Kastangel berwarna agak pucat.

Kastangel sengaja tidak diberi kuning telur dan keju parut.  Semua adalah pilihan...Sedang ingin membuat versi very-very economics kastangel.

Komentar rasa
Yah rasa VVE Kastangel ternyata ekonomis juga.  Kastangel berasa keju hanya saja kurang nendang.  Kue masih agak keras.  Apa mungkin juga karena kurang sabar memanggang? 

Memang perbandigan tepung, margarine, keju dengan hasil kue yang enak adalah 1:1:1...



VVE Kastangel


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar