» » Horog-Horog Janganan dan Gethuk Kinco

2 Agustus 2014

Selama hari raya idul fitri mohon dimaafkan segala kilaf atas kesalahan tutur dan kata. Semoga Ramadhan kemarin menjadi cambuk tersendiri menjadi pribadi bersih, sederhana dan selalu berkarya.


Masih menikmati hari di desa bersama ibu dan saudara-saudara.  Pergi ke pasar Mlonggo untuk beli ikan dan kebutuhan dapur lainnya.  Tidak lupa beli jajan pasar kesukaan gethuk kinco dan horog-horog janganan.  Gethuk kinco yakni singkong yang ditumbuk halus.  Sepertinya singkong diberi tambahan tepung tapioka sehingga agak kenyal dan mudah dipotong.  Gethuk dibungkus daun jati dan diberi tambahan srundeng kelapa dan gula merah sebagai penyedap gethuk.  Takjub dengan harganya.  Gethuk hanya dihargai 500 rupiah perbungkus.  Makan 2 bungkus saja sudah kenyang.  Uang Rp 500 masih berharga di Jawa Tengah. Kalau di luar pulau Jawa pasti uang Rp 500 tidak akan berbunyi.  Tidak dapat apa-apa...


Saat ke pasar tidak membawa kamera, jadi tidak terekam suasana pasar. Lagian agak tidak PD untuk potret sana-sini.  Ditambah sibuk membawa bawaan belanja tambah tidak sempat untuk mengambil gambar.


gethuk kinco..


Jajan pasar kesukaan dan favorit adalah horog-horog janganan. Bagaimana proses membuat horog-horog yang pasti belum tahu.  Horog-horog itu berasal dari sagu.  Proses apa yang dilakukan hingga menjadi horog-horog tidak tahu.   Horog-horog berwarna putih, berbentuk bulat-bulat lengket. Horog-horog dimakan bersama pecel sayuran: kacang panjang, kecambah, kangkung dan sambel kacang.  Satu bungkus horog-horog hanya Rp 1000.  Makan enak dan murah.

Sekali lagi uang Rp 1000 masih di hargai di Jateng.  Makanan sehat tanpa bahan pengawet yang di bungkus daun jati plus enak.


Horog-horog janganan


Bagaimana dengan harga kebutuhan pokok lain? Harga ayam broiler per kilo rp 30.000.  Harga ayam kampung per ekor rp 60.000.  Harga daging per kilo rp 88.000 dan menjelang lebaran sampai rp 100.000.  Harga daging-dagingan tergolong mahal dibandingkan dengan harga ikan.  Ikan per ekor dijual dari harga rp 2000 hingga rp 10.000 tergantung jenis dan besar kecilnya.  Harga tempe dan tahu pun tergolong murah.   Lima buah tahu berharga rp 2500 dan tempe dijual dari kisaran harga rp 500 hingga rp 2000 per buahnnya.


Harga daging tergolong mahal menjadikannya makanan yang jarang dikonsumsi masyarakat. Menu harian biasanya dari ikan-ikanan, tahu dan tempe. Lokasi dekat pantai, menjadikan ikan segar selalu ada dipasaran dan harganya lebih terjangkau.


Tiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan tersendiri.  Berbagai budaya dijumpai di negeri Indonesia tercinta...

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar