» » » » Lontong Sayur Udang

23 Agustus 2014

Nikmatnya sudah di Indo lagi.  Mau pakai daun salam, lengkuas, serai tinggal beli, murah dan banyak.  Tidak ada cerita lagi, 1 ruas lengkuas habis dibuat masak, diambil lagi, dicuci, disimpan di freezer lalu digunakan untuk memasak berikutnya heheheh.  Ya iya beli lengkuas di Jerman, sudah susah dapatnya udah gitu selangit harganya....


Membuat lontong sayur dengan bumbu yang super sederhana, tapi rasa tetap maksimal.  Penggunaan udang kuncinya.  Lontong sayur mudah dibuat karena lontongnya tinggal beli di pasar.  Hehehe lha iya mudah tinggal bikin kuah sayurnya saja. Kan bikin lontong itu susah.  Lontong besar, bagus, berwarna hijau, enak hanya Rp 5.000,00.  Tapi beli lontong yang mahal, perlu ekstra perjuangan.  Harus ke pajak (pasar) Simpang Limun Medan yang beroperasi dini hari sudah gitu beceknya minta ampun.  Biasanya ke pasar habis sholat subuh jam 5.15.  Btw subuh di Medan itu jam 5 pagi.  Daerah baru untuk dieksplor guna mencari pengalaman baru.  Seru!


Lontong Sayur Udang

Lontong Sayur Udang

Untuk 5 porsi makan

Bahan yang digunakan

11/2 lontong kira-kira 800 g

200 g udang
150 g tahu
50 g tempe
150 g sayur nangka
100 g kacang panjang

5 buah cabai hijau
5 buah bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri

Minyak goreng

1/2 butir kelapa yang diparut
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas
1 sdt garam
1/2 sdt saus tiram
1/2 sdt royko

Cara memasak


1. Buat santan dari 1/2 butir kelapa.  Perasan santan pertama disisihkan.  Perasan santan kedua dan ketiga digunakan untuk merebus sayur nangka hingga empuk.  Air santan dikira-kira pas tidak terlalu banyak.  Masukkan juga daun salam dan lengkuas/

2. Sementara itu, udang utuh diberi sedikit garam dan saus tiram.  Goreng dengan minyak secukupnya hingga kecoklatan. Sisihkan.

3. Potong dadu tempe dan tahu, boleh digoreng setengah matang atau tidak.  Potong serong panjang cabai hijau.  Potong 3 cm kacang panjang.

4. Ulek halus kemiri dan garam, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih. Lanjutkan mengulek kasar saja.  Tumis bumbu hingga kecoklatan dan harum.  Masukkan tumisan bumbu dalam sayur nangka.

5.  Masukkan udang, tahu, tempe, cabai hijau santan perasan pertama. Aduk rata.  Masukkan kacang panjang.  Tambahkan saus tiram dan royko.  Cicipi rasanya.

6.  Sajikan kuah sayur dengan lontong yang sudah dipotong dadu kecil....


Lontong sayur udang

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar