» » » Membuat Bakso di Medan

"Bakso dan mie buatan ibu," kata Ahsan

28 September 2014

Akhirnya bisa juga membuat bakso.  Chopper atau kuchen maschine yang dikirim melalui paket pulang kampung sudah sampai di Medan.  Masalahnya, mencari daging giling itu tidak mudah. Di pasar tradisional dekat rumah tidak ada yang jual, sementara rumah jauh dari supermarket besar seperti Giant atau Carefour.


Teman menginfokan kalau daging giling itu dijual di gang Arifin jl STM Medan.  Segera meluangkan waktu mencari lokasi yang dimaksud.  Gang Arifin mudah ditemukan, yakni gang pertama begitu memasuki jl. STM.  Bertanya ke orang yang dijumpai dimana tempat yang menjual daging giling.  Akhrinya ketemu juga tempat yang dimaksud.  Penjual daging giling berada di ujung gang Arifin, dekat dengan pasar Simpang Limun.  


Tempat yang menjual daging giling tersebut ternyata adalah supplier bakso untuk kota Medan.  Di tempat penggilingan daging terdapat mesin pembuat bakso berukuran besar, tumpukan puluhan karung goni berisi tepung tapioka dan berkilo-kilo daging sapi yang tergantung. Bapak pemilik tempat tersebut memperkerjakan 3 orang karyawan, yang beroperasi mulai jam 6 hingga 11 siang, untuk membuat adonan bakso.  Para pedagang bakso berdatangan membeli adonan mentah, kemudian dibulatkan di warung mereka masing-masing.  1 kg adonan bakso mentah dibandrol Rp 45.000,00.


Tentu saja bapak pemilik penggilingan daging tidak menjual daging giling.  Saya membeli daging di tempat tersebut kemudian minta tolong sekalian digilingkan.  1 kg daging giling seharga Rp 95.000,00.  Daging giling ini lalu dibawa pulang, dimasukkan freezer untuk dibuat bakso dll..


Oh ya, cara membuat bakso di gang Arifin adalah daging, tapioka, bumbu, es batu digiling jadi satu dalam mesin besar hingga menjadi adonan lembut. Mesin bakso berupa setengah bola, tanpa tutup, dengan alat penghalus daging di tengahnya.  Heheheh pasti susah membayangkan kan? 

#

Cara membuat bakso, resep ala Goettinger yakni

400 g daging giling
100 g dada ayam
50 g tapioka
3-4 siung bawang putih
1 sdt garam
Royc* secukupnya
1/4 sdt baking soda
1 buah telur

1. Timbang 100 g dada ayam dan 400 g daging giling, masukkan dalam satu plastik, lalu freezer.  Daging ini bisa disimpan lama untuk stok.

2.  Keluarkan daging dari freezer, saat daging masih beku tapi sudah cukup kuat dipotong dengan pisau, potong dadu kecil.  Masukkan daging dadu dalam copper, tambahkan telur, garam, bawang putih, baking soda, tapioka, penyedap.  Giling hingga jadi adonan tembut.

3.  Didihkan air, bulatkan adonan dengan tangan,lalu masak bakso hingga mengembang.

4.  Bakso siap diolah selanjutnya.  Cara membuat bakso, kuah dan jenis copper yang digunakan bisa dilihat dicatatan sebelumnya
1, 2.  Juga cara membuat mie homemade bisa dilihat disini.



Satu mangkuk mie bakso "alles selber machen" atau dibuat sendiri...


***
**

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar