» » Sphagetti Bolognese

28 September 2014


Add caption

Sphagetti mentah kemasan yang dijual disupermarket, tidak diajari cara membuat saus, tapi disuruh beli produk jadi. Sebenarnya saus sphagetti mudah dan dapat dibuat sendiri.  


Tapi memang saus sphagetti memerlukan Italian seasoning seperti daun oregano atau basilikum.  Barangkali agak susah mencari Basilikum apalagi yang tinggal di luar kota.  Dulu sering pinjam buku-buku masaknya Jammie Oliver, chef asal Inggris yang kondang itu.  Beliau ini tidak level menggunakan daun oregano atau basilikum kering.  Pasta dan pizza resep dia menggunakan daun segar.  Di Eropa sana, basilikum segar lebih mahal. Basilikum kering sebaliknya murahhhhh.  Setelah tes bau dan rasa, Basilikum segar itu kok ya rasa dan baunya mirip daun kemangi.  Yah..tidak apa-apa tho membuat saus bolognese rasa Indonesia, tidak pakai basilikum tapi daun kemangi...


Resep  Sphagetti Bolognese berikut menggunakan italian seasoning kering, oregano dan basilikum kering dicampur jadi satu.  Tapi kalau tidak punya, bisa diganti daun kemangi....  Asal suka dan dimakan, why not?



Sphagetti Bolognese
untuk 2 orang

Bahan yang dibutuhkan

150 g sphagetti 
100 g daging giling
1 buah bawang bombi sedang 
3 buah tomat segar
80 ml tomat botolan
1/2 sdt italian seasoning (bisa diganti daun kemangi)

1 sdt garam
1/4 sdt royc*
1/2 sdt gula pasir

Keju parut untuk taburan secukupnya

miyak untuk menumis secukupnya

Cara membuat

1.  Rebus sphagetti dalam air yang sudah diberi 1 sdt garam hingga al dente.  Copas dari blog teman, al dente adalah sphagetti matang tapi bagian tengahnya masih ada setitik bagian putih.  Saring lalu sisihkan.

2. Rebus tomat dalam air mendidih, tunggu kurleb 3-4 menit.  Angkat tomat lalu buang kulitnya.  Sisihkan.

3. Potong dadu bawang bombai lalu tumis dalam sedikit minyak.  Masukkan daging giling, italian seasoning atau daun kemangi, masak hingga daging matang.  Masukkan tomat yang sudah dibuang kulitnya, hancurkan.  Masukkan tomat botolan.  Tambahkan garam, gula, royc*, cicipi rasanya.

4. Cara penyajian: Letakkan sphagetti di piring, siram dengan saus, lalu taburi dengan keju parut secukupnya.  Sphagetti siap disantap.


Catatan:
Perlakuan merebus dulu tomat segar membuat saus sphagetti tidak terlalu masam. Rasa saus bolognese segar dengan tingkat kemasaman "soft".

Mencari daging giling di Medan itu butuh perjuangan. Teman memberi tahu lokasi, lalu coba berburu mencari tempat tersebut.  Akhirnya ketemu juga.  Daging giling dibeli di Gang Arifin Jl. STM Medan.  Tempat tersebut adalah supplier adonan bakso. Pemilik menjual adonan mentah bakso, kemudian pembeli atau tukang bakso membulatkan sendiri di warungnya.  Saya membeli daging kemudian minta tolong digilingkan sekalian.  



tomat segar yang sudah dibuang kulitnya


***



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar