» » » Tekwan Ikan Dencis

September 2014

Mencatat membuat tekwan.  Tekwan, empek-empek dkk adalah makanan kesukaan Shafa dan emaknya.  Sudah lama ingin mencoba membuat tekwan.  Bahan utama tekwan adalah ikan tengiri. Dan ikan tengiri itu susah ditemukan di Medan.  Akhirnya iseng membuat tekwan menggunakan ikan yang khas dan sangat populer di Medan dan daerah sekitarnya.  Ikan terkenal itu bernama ikan dencis.  

Ikan dencis hampir mirip dengan ikan kembung hanya saja badannya sedikit membulat.  Ikan terasa gurih setelah digoreng.  Masyarakat Medan dan sekitarnya biasanya mengolah dencis dengan digoreng kemudian dibuatkan sambal cabai merah.  Apa ya nama ilmiah ikan dencis?  Cari di google susah, tapi penampakan ikan seperti foto dibawah ini.


Ikan dencis yang populer di Medan dan sekitarnya


Hasil Tekwan kemarin jauh dari sempurnya.  Tapi namanya suka, Shafa dan emaknya enak saja memakannya. Menurut saya, tekwan ikan dencis itu enak pakai banget.  Tekwan terasa gurih, tidak berbau amis.  Padahal tekwan yang dibuat beberapa hari lalu ukurannya kebesaran.  Tekwan sudah mengambang di air tapi bagian tengahnya belum matang, masih berwarna putih.


Ternyata daging ikan dencis itu mudah diambil.  Ikan bagian perutnya dibelah memajang hanya dengan tangan.  Daging ikan lembut, mudah diambil dengan tangan dan mudah dipisahkan dengan durinya.  Daging lalu diberi air, sambil di remas-remas untuk membuang duri yang mungkin masih tertinggal.  Daging ikan tidak diblender karena takut duri ikut terblender, tidak hancur benar dan justru berbahayak jika termakan.


Ikan dencis mudah diambil daging, dipisahkan durinya serta enak


Resep asli bisa dilihat disini.  Tekwan menggunakan ikan tengiri. 

Berikut 1/2 resep tekwan dengan menggunakan ikan dencis


Bahan yang digunakan


250 g ikan dencis
1/2 sdt garam
1/2 sdt royco
1 buah putih telur
200 ml air
350 g tapioka


150 g bengkoang (tidak pakai)

25 g jamur kuping
100 g udang
3 siung bawang putih
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
2 sdm minyak goreng

Seledari untuk taburan secukupnya

Bawang merah goreng untuk taburan secukupnya


Cara membuat


1.  Ikan dencis dipisahkan daging dengan durinya.  Daging ditambah dengan 200 ml air, diremas-remas dengan jari kemudian buang duri yang masih tertinggal.

2.  Masukkan garam, royco, putih telur dan tepung tapioka. Aduk tapi jangan banyak diuleni.

3.  Didihkan air, ambil dengan sendok adonan tekwan, masukkan dalam air hingga mengapung atau kurang lebih 20 menit. Air bekas rebusan tekwan jangan dibuang karena akan digunakan untuk kuah.

4.  Rendam jamur kuping dengan air.  Cuci hingga tidak berwarna hitam.  Rajang halus jamur.

5.  Haluskan bawang putih masukkan dalam udang, tambah dengan sedikit garam.  Goreng udang dengan 2 sdm minyak goreng hingga kecoklatan.

6.  Masukkan udang goreng ke dalam bekas rebusan tekwan. Tambahkan juga merica bubuk, jamur, bengkoang, tekwan.  Cicipi rasanya.

7.  Sajikan tekwan dengan soon dengan taburan bawang goreng dan seledri.




Rebus tekwan hingga mengambang 




Tekwan siap disajikan


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar