» » » Problem Menghias Cake 1

cappucino cake



19 Oktober 2014

Mencatat pengalaman kegagalan menghias cake.  Untungnya tidak terlalu fatal gagalnya.  Hiasan cake yang jelek diambil kemudian diganti dengan hiasan baru.  Penampilan cake lumayan tertolong walaupun 'tidak bagus'.

Cake yang dihias cappucino cake, link resep disini.

Cake diselimuti wheapcream yang dicampur cokelat leleh plus bubuk kopi cappucino instan.  Walaupun terlihat cokelat tapi cake ini cenderung ringan rasanya, tidak berlemak-lemak.  Cake dihias border kerang, fondan dan modeling cokelat.  Fondant dicetak bentuk bunga kemudian huruf "happy birthday" ditempel di atasnya.


fondan yang ditempel huruf dari modeling cokelat


Hiasan fondan tersebut lalu diletakkan di atas cake.  Menganggap kerjaan sudah selesai lalu cake disimpan di lemari es.  Setelah 2 jam cake dilihat lagi,eh... ternyata fondant yang diletakkan di atas wheapcream itu meleleh, seperti berair, bentuk menjadi tidak karu-karuan.  Mungkin yang meleleh seperti air adalah glukosa yang menjadi salah satu bahan fondant.  Awalnya untuk menutupi cairan, cake diberi cokelat yang diparut.  Penampilan cake jadi kacau seperti foto dibawah ini...



Fondant di atas wheapcream meleleh kemudian ditutup dengan cokelat parut


Wah...kok cakenya penampilannya ngaco begitu. Wah bakal malu nich. Masih ada waktu sebelum diantar ke yang memesan cake. Hiasan fondant pelan-pelan diambail dengan spatula kecil. Cake lalu dihias kembali. Medeling cokelat diletakkan di bawah kemudian di atasnya diberi tulisan 'happy birthday'.

Penampilan cake jadi...


Tulisan Happy b'day nya jadi kelihatan

Catatan hari ini.  Lain kali tidak akan mengulangi meletakkan fondant menempel langsung di atas wheapcream.  Fondant akan meleleh seperti berair..

Makasih banyak ya mbak Icha...


***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar