» » » Telur Pindang Mewah Nusantara


27 Desember 2014

Bismillah...mulai lagi merajut dalam sepi.  Hampir satu bulan tidak memagang komputer.  Saatnya untuk kembali mengisi hari.  Alhamdulillah sudah mulai enakan, merasa agak fit walaupun masih berkutat di rumah saja.  Diberi ujian penyakit ala anak kost, penyakit tifus, yang obatnya adalah istirahat.  Kok bisa terkena tifus, suka makan sembarangan?  Tentu saja tidak.  Jarang banget beli makan di luar.  Yang ada selalu eksperimen mencoba resep baru.  Insya allah dapur selalu terjaga dengan bersih dan rapi.  Hanya saja bulan kemarin memang kegiatan penuh.  Mulai dari senam aerobik harian di Jl SM Mangaraja hingga membuat berbagai pesanan.  Nah...kebetulan dapat oleh-oleh sambal dari Surabaya.  Sambalnya enak banget plus pedes.  Makan banyak sambal. Setelah itu badan berangsur-angsur merasa lemas, demam, dll.  Setelah test darah, kambuh lagi penyakit sewaktu jadi anak kost dulu...

Yess mulai bersemangat lagi....

###


Telur Pindang Mewah Nusantara


Sering membuat telur pindang ini.  Sengaja diberi nama Telur Pindang Mewah Nusantara.  Maksudnya telur pindang dengan bumbu super mewah khas rempah negeri Indonesia tercinta.  Bumbu rempah ini akan sulit diperoleh kalau sedang berada di LN.  Memang apa saja rempah mewah itu? daun bambu biji, daun salam, kulit bawang merah dan serai.  Bumbu yang biasa saja mudah didapat tapi tidak kalau sedang berada di negeri sub tropis. 

Telur pindang, dari segi teori akan rusaklah protein didalamnya.  Tapi dari segi rasa, telur pindang ini luar biasa.  Telur pindang yang mendadak menjadi favorit keluarga kami.  Telur pindang dibuat kalau sedang membuat menu nasi uduk atau sayur nangka.


Telur Pindang Mewah Nusantara
Resep diadopsi dari buku 30 Menu Hemat untuk 1 Bulan

Bahan yang diperlukan

6 buah telur ayam
1 liter air
250 g kulit bawang merah
8 lembar daun jambu biji
5 lembar daun salam
2 batang serai
2 cm lengkuas
2 sdt garam

Cara membuat

1. Cuci bersih telur kalau perlu menggunakan sabun. 

2.  Masukkan dalam panci semua bumbu-bumbu dan telur.  Rebus selama 10 menit dengan api sedang.

3. Ambil telur, masukkan dalam air dingin.  Kupas telur lalu masukkan lagi dalam panci berisi rempah.  Rebus kembali telur dengan api sedang hingga air menyusut.

4.  Telur pindang siap disajikan


Catatan:

Sering membuat telur pindang ini.  Jadi sedikit banyak ada pengalaman.
1. Kulit bawang merah diresep tergolong banyak 250 g.  Terkadang tidak mempunyai stok kulit bawang merah yang banyak.  Jika banyak menggunakan kulit bawang telur akan cepat berwarna coklat tua.  Jika hanya sedikit kulit bawang yang digunakan, warna telur tidak terlalu cokelat tua.

2. Air yang digunakan sebaiknya diukur 1 liter.  Air yang digunakan pas, membuat merebus telur tidak terlalu lama, 20 menit saja cukup, air sudah habis.  Telur akan terwarnai dengan baik jika air rebusan menyusut.

3.  Cara mengumpulkan kulit bawang merah.  Saat memasak, kulit bawang yang terkumpul hanya sedikit.  Kulit bawang ini tidak dibuang tapi dimasukkan dalam plastik, lalu disimpan dalam freezer.  Dengan menyimpan dalam freezer yakin betul kulit bawang tidak ditumbuhi jamur dll.  Kebetulan punya freezer  ukuran besar jadi banyak tempat untuk menyimpan hal-hal sepele seperti kulit bawang merah...

4. Telur pindang menjadi mempunyai rasa istimewa.  Paduan asin dan gurih telur menyatu mencipta rasa sempurna.

***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tambahkan Komentar