» » » Pizza Mayo Topping Daun Kemangi

3 Maret 2015



pizza topping daun kemangi, belimbing wuluh, tomat, jagung, sosis, mayonaise



8 Maret 2015

Pizza termasuk makanan yang sering dibuat.  Anak-anak suka dan tidak pernah bosan.  Kemarin mencoba memberi topping pizza dengan bahan yang ada di lemari es.  Bahan yang tidak biasanya: belimbing wuluh, daun kemangi, wortel serut.  Bahan topping lain seperti sosis, tomat dan jagung sih hal yang biasa.  Pizza sebelumnya dioles saus mayo.  Saus mudah dibuat serta enak.


Membuat pizza untuk 1 resep, menggunakan 500 g terigu.  Untuk keluarga dengan 4 orang, 1 resep ini termasuk berlebih.  Biasanya pizza matang yang tidak habis, disimpan dalam frezeer, kemudian dimakan beberapa waktu kemudian saat ingin pizza kembali.  Pizza beku dicairkan, dihangatkan dengan oven panas sekitar 5-10 menit.  

Satu resep pizza bisa menjadi 4 buah dengan diameter 26 cm.  Cara mengoven agar hemat waktu dan gas.  Oven yang dipakai, oven dengan panas api kompor.  Pizza diletakkan dalam nampan panggang, disusun disetiap rak dalam oven untuk kemudian dipanggang suhu 200 C selama 18 menit.  Pizza  yang diletakkan dalam oven paling bawah, matang terlebih dahulu.  Pizza ini diangkat, kemudian pizza diatasnya diturunkan, dipanggang lagi hingga matang.  Begitu seterusnya hingga pizza terakhir matang.


Empat buah pizza dipanggang ddalam oven kompor, disusun bertingkat sehingga satu per satu matang


Pizza dioles dengan saus mayonaise baru ditaburi topping.  Saus mayonaise, saus warna putih dengan harga relatif murah tapi enak dibandingkan saus putih cheese cream.  Mayonaise ini khusus untuk aplikasi panas, dalam wadah plastik 500 g.  Mayo ini lebih murah dibandingkan mayo langsung makan dalam kemasan wadah kaca. Mayo aplikasi panas ini dibeli beberapa waktu lalu di Gelora Supermarket Jl. Sisinga Mangaraja Medan.

mayonaise aplikasi panas kemasan plastik 500 g


Resep Pizza
450 g terigu protein tinggi
330 ml air hangat
1 sdt ragi instan

3/4 sdt garam
3/4 sdt gula pasir
50 ml minyak goreng
120 g terigu protein tinggi


  • Campurkan dalam baskom: 450 ml terigu, 1 sdt ragi instan, air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  • Tutup dengan serbet baskom
  • Biarkan 2 jam atau hingga 4 jam
  • Ambil adonan, letakkan di meja kerja.  Tambahkan 3/4 sdt garam, 3/4 sdt gula pasir, 50 ml minyak goreng, 120 g terigu.  Uleni hingga menjadi adonan kalis.
  • Diamkan selama 1 jam dalam baskom tertutup serbet makan.
  • Bagi adonan menjadi 4 bagian, tata bulat diameter 26 cm.  Cara membulatkan dengan ditata di atas dasar loyang bongkar pasang.


Saat menunggu 2 jam adonan pizza mengembang, membuat saus putih mayonaise.


Resep Saus Mayo sebagai berikut:

1 buah bawang bombai
1 sdm margarine
1 jumput garam
Merica bubuk sesuai selera
100 g mayonaise





  • Potong dadu bawang bombai, tumis dengan 1 sdm margarine hingga layu
  • Masukkan mayonaise, tambahkan garam, merica bubuk dan sedikit air.
  • Masak hingga mendidih sebentar lalu matikan api.
  • Saus siap digunakan untuk olesan pizza

Pizza diberi taburan daun kemangi segar.  Daun kemangi ini kemudian di panggang.  Ternyata daun kemangi menjadi kering, seperti daun yang sudah 2 bulan di lemari es.  Tentu saja daun ini rasanya tidak enak.  Pengalaman untuk selanjutnya.  Daun kemangi harusnya diletakkan di atas pizza saat baru saja matang diangkat dari oven.  Daun kemangi masih hijau, segar, dan enak untuk dimakan.


Pizza diberi taburan belimbing wuluh.  Belimbing wuluh, tidak terlalu asam.  Enak juga ada sensasi sedikit masam disela kunyahan pizza hangat.


Ada satu pizza diberi taburan wortel serut.  Ahsan yang memang suka sayur, dengan senang hati menikmati pizza wortel ini. 


Secara keseluruhan, pizza dengan saus putih mayonaise dan aneka topping tidak lazim dapat dicoba dengan rasa enak...unik....

Pizza taburan wortel dan daun kemangi yang menjadi kering karena di oven


***





«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. wah mantab, makasih banyak buat resepnya.. boleh saya coba nih..

    http://tokoonlineobat.com/obat-penyakit-usus-buntu-alami/

    BalasHapus